Berita  

Peringati HKN ke-59 Tahun 2023,Diskes Kab-Lamsel Usung Tema ” Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju “

IntaiNews.com. Kalianda Lampung Selatan – Berdasarkan pantauan media ini saat meliput acara Jambore Kader Kesehatan Tingkat Kabupaten Lampung Selatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 pada Tahun 2023 dan untuk para kader tersebut sangatlah antusias senang dan bersemangat dalam menghadiri acara tersebut dari berbagai kader setingkat Kabupaten, Selasa (28/11/2023).

Adapun acara tersebut dibuka dan digelar di Gelanggang Olahraga Way Handak (GWH) yang masuk dalam lokasi Kelurahan Wai Lubuk Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Sehingga dalam hal acara tersebut di hadiri oleh Bupati Lampung Selatan H.Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahreraan dan Keluarga (TP.PKK) Kabupaten Lampung Selatan Hj.Winarni Nanang Ermanto, serta seluruh Pejabat Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan dan seluruh Kader-kader tingkat Kabupaten yang menghadiri.

Sehingga, dalam Hari Kesehatan Nasional (HKN ke-59 Tahun 2023) Kabupaten Lampung Selatan itu dengan mengusung Tema ‘Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju’ dan sub Tema ‘Kader Hebat dan Militan Soko Guru Menuju Transformasi Kesehatan dan Cetak Generasi Unggulan Lampung Selatan’ kemudian dengan Motto Tema ‘Aku Harus Menyelamatkan’.

Lalu kemudian dalam memperingati HKN Lampung Selatan tersebut terdapat dua (2) tujuan yaitu;
1.Secara Umum: Untuk mengingatkan kepada kita semua bahawa derajat Kesehatan Masyarakat hanya akan terwujud jika semua komponen berperan serta dalam upaya kesehatan melalui pelayanan kesehatan yang inklusif serta berdiri dalam prinsip kemanusiaan dan profesional.

2.Secara Khusus: Terjalinnya kerjasama dan kekompakan antar staf dan Masyarakat semakin mengerti betapa pentingnya prilaku hidup bersih dan sehat, dan menjaga kesehatan bergaya hidup sehat serta semakin mengerti akan bahaya Stunting.

Maka, H.Nanang Ermanto pun memberikan Apresiasi kepada Dinkes Kabupaten Lampung Selatan dan seluruh pihak yang terlibat dalam hal tersebut atas berlangsungnya penyelenggaraan acara HKN ke 59 Tahun 2023 tersebut.

Oleh sebab itu Bupati Lampung Selatan menyampaikan bahwa, “melalui kegiatan tersebut, diharapkan untum Masyarakat bisa dapat semakin menjaga kesehatan yang baik, yaitu baik dari segi olahraga maupun pola makan,” ungkap H.Nanang Ermanto.

Lanjut Nanang katakan, “sehingga indeks kesehatan Kabupaten Lampung Selatan yang kita banggakan ini, dapat meningkat. Dan pelaksanaan kegiatan HKN ini agar bisa lebih mengutamakan terjalinnya tali silaturahmi yang baik, antar kader kesehatan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan kita ini,” terang H.Nanang Ermanto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto, SKM.,MM juga menyampaikan bahwa, “dalam memperingati HKN yang ke 59 ini, kali ini kami menyampaikan komitmen Dinas Kesehatan, dan mewujudkan Visi dan Misi Bapak Bupati Lampung Selatan. Di sektor Kesehatan pada tahun 2024 mendatang, melalui Transformasi Kesehatan,” imbuhnya.

Kendatidemikian, setelah selesai acara, beberapa kader di tingkat Kabupaten Lampung Selatan ini juga menyampaikan saat di temui Media IntaiNews.com di lokasi yang sama, dan beberapa kader pun ikut mengatakan bahwa, “seneng, meriah dan bagus,” kata salah satu kader yang enggan namanya disebut.

Kemudian adapun beberapa tenaga kesehatan (Nakes) dari Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan sebut saja namanya Tri Utami menyampaikan juga bahwa, “seneng berkah dan damai, maka untuk kemudian hari kedepannya, lebih baik dan meriah lagi. Sehingga dalam hal ini, untuk kendala kendala keluhan Warga Tanjung Bintang pun tidak ada, dan semuanya aman,” ujarnya sambil tersenyum bangga.

Ditempat yang sama, beberapa Nakes juga dari Puskesmas Sukadamai mengatakan bahwa, “ya semua senang juga untu kader kader, dan kedepannya pasti akan lebih semeriah serta antusias seperti ini lagi, sehingga selamat hari kesehatan nasional ya,” tuturnya sambil terkesan bersemangat dalam kesehatan.

Kemudian dari Kader Puskes Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan, sebut saja namanya Fajar. Sehingga ia juga mengatakan bahwa, “ya terkait acara ini, Alhamdulilah berjalan dengan tertib dan aman, maka untuk kedepannya juga, dalam kesehatan di Kabupaten Lampung Selatan ini agar lebih maju lagi, dan lebih berinofatif lagi. Dan untuk segi kendala kendala kesehatan di kecamatan Rajabasa pun tidak ada, dan untuk program program untuk saat ini, Alhamdulilah program program sudah bisa dapat terealisasikan,” pungkasnya.

(*/mrs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *