Berita  

Pemdes Kedaton Adakan Musrenbangdes 2023 dan RKPDes Tahun 2024

 

IntaiNews.com.Lamsel,- Musrenbangdes di gelar dalam rangka Pembahasan dan kesepakatan RKPDesa dan kesepakatan Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024 yang akan diusulkan melalui Musrenbang Kecamatan serta pemilihan dan penetapan delegasi Desa, yang di gelar di Aula Desa Kedaton Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Jum’at (3/11/2023).

Yang mana peserta Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tersebut telah menyepakati Daftar Prioritas Usulan Kegiatan Pembangunan Desa Tahun 2024. Dan di tuangkan dalam Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, yang di tandatangani oleh Unsur Pemerintahan Desa dan Perwakilan Masyarakat.

Junaidi S.E, kepala desa kedaton dalam sambutannya mengatakan, ” Alhamdulillah hari ini, kita dapat melaksanakan Musrenbangdes dengan baik untuk tahun 2024, tetapi adapun yang kita usulkan ke Pusat semoga cepat juga di realisasikan dan juga kita belum banyak mengetahui terkait untuk BLT-DD 2024 mendatang, apakah masih ada di tahun depan ataukah seperti apa kisih-kisihnya kita belum mengetahui banyak ya,” ungkap Junaidi, SE.

Kemudian ia juga menambahkan bahwa, “kalau untuk di tahun 2024 kita akan memprioritaskan yang mana Jalan-jalan yang harus di perbaiki dan di hoxmik dalam pembangunan akses-akses jalan ketahanan Pangan, Pendidikan, jalan rabat Beton, Gorong-Gorong dan Talut “.

“Jadi mohon untuk para Kadus dan Rt, agar Warga kita di himbau juga untuk saat ini kita sedang di landa kemarau panjang, dan jika nanti di musim penghujan juga tolong dihimbau agar tidak terjadi kebanjiran, dalam tumpukan sampah-sampah dilingkungan masing-masing, baik itu dari Dusun dan Rt tentunya,” ucap kades.

Lanjut kades, sifat-sifatnya yang urgen dalam pembangunan, seperti contonya yaitu Posyandu dan jalan Ketahanan Pangan serta Pendidikan tentunya.”

” Kemudian, kita prioritaskan juga untuk yang pasti-pasti dalam pembangunan itu juga, maka nya kita akan pastikan anggarannya yang betul-betul untuk prioritas, yang pasti untuk tahun depan di 2024,” pungkas Junaidi SE.

Ditempat yang sama Sekretaris Camat (Sekcam) Muhammad Nur SE, mewakili Camat Kalianda menyampaikan, beberapa Item program pembangunan desa sesuai dengan penyusunan RKPDes, Penyusunan RAB tahun 2024, yang harus di laksanakan sesuai program dari pemerintah pusat, seperti Pemilihan Ekonomi Nasional.

” Jadi tetap saya pantau terus juga dalam hal stunting yang ada di Kecamatan ini dan hari ini kita melaksanakan Musrenbangdes di Desa Kedaton, semoga bisa dapat sukses semua, dalam usulan-usulan yang sudah di paparkan oleh Pak Kades tadi ya, untuk tahun depan 2024 mendatang tentunya,” ujar Muhammad Nur.

Kemiskinan ekstrim desa ini, sambung Muhammad Nur, bahwa masih ada. Tapi kita belum banyak mengetahui untuk tahun kedepannya, apakah masih ada atau tidak nya bantuan tersebut, dan kaitan dengan ketahanan pangan kita di Desa ini, maka usulkan juga proposal ke dinas terkait, yaitu Dinas Peternakan dan Pertanian, melalui kelompok, serta berkoordinasi dengan OPD dan BPD Desa setempat ya, agar mendapatkan bantuan hewan dan pertanian lainya seperti, kebun sayuran dan sebagainya,” imbuhnya dalam sambutan acara tersebut.

Salah satu warga Desa Kedaton saat di tanya tentang kegiatan Musrenbangdes ia mengatakan bahwa, ” Alhamdulillah semoga apa yang menjadi prioritas desa bisa dapat terlaksana dengan baik dan sukses,” ucapnya yang namanya tidak disebutkan.

Dari pantauan dilokasi turut hadir dalam acara tersebut, Kasi Ekobang, Sohari, Kades Kedaton Junaidi SE, Sekretaris Desa (Sekdes), BPD dan seluruh Jajaran Aparatur Desa setempat, Bhabinkamtibmas AIPTU Hendra Susanto, Babinsa Koramil 04/Kalianda Sertu Indra Sukmawan, Ketua LPM Desa, Pendamping Kabupaten dan Kecamatan serta Pendamping Desa, Pendamping lokal Desa, KUPT Puskesmas Kalianda, KUPT Pertanian, Kurluh KB, Dinas Perikanan, KUPT PU, KUPT Perternakan, Dinas Pajak, Kader PKK, Kader Posyandu, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, dan Para tamu undangan yang hadir. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *