Wakil Walikota Siantar, Togar Sitorus, SE MM saat menanya harga kebutuhan dapur kepada pedagang Pasar Dwikora Parluasan.foto/ist.

Siantar-Intainews.com : Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM menanyakan harga bumbu dan bahan makanan lainnya di Pasar Dwikora. Sedangkan Kapolres Pematangsiantar AKBP Budi Pardamean Saragih SIK menanyakan izin penjualan petasan kepada pedagang.

Hal itu dilakukan Togar Sitorus dan Budi Pardamean saat meninjau Pasar Dwikora Parluasan, menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2020, Selasa (24/12) pagi.

Kunjungan Togar ke pasar tradisional tersebut dalam rangkaian kegiatan meninjau pos pengamanan Operasi Lilin Toba menjelang Natal dan Tahun Baru. Turut juga dalam rombongan, Dandim 0207 Simalungun, Ketua DPRD Timbul Marganda Lingga, DanDenpom, Danki Brimob, Kadis Kesehatan dr Ronald Saragih, dan Kadis Perhubungan Esron Sinaga.

Selain ingin melihat kesiapan seluruh personel dalam melayani masyarakat, terutama memberikan rasa aman bagi warga yang merayakan Natal dan Tahun Baru 2020, peninjauan juga dilakukan untuk memberikan support dan motivasi. Sehingga para petugas senantiasa penuh semangat dan bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan.

Ada empat titik Pospam yang dikunjungi. Keempatnya yaitu Pos Pelayanan di Jalan Merdeka tepatnya di Parkir Pariwisata, Pospam di Jalan Sisingamangaraja tepatnya di eks Terminal Sukadame, Pospam di Simpang Dua tepatnya di Timbangan, dan Pospam di Taman Hewan Pematangsiantar.

Sebelum melakukan peninjauan, rombongan terlebih dahulu berkumpul di ruang rapat Polres Pematangsiantar. Setelah itu bergerak menuju Pos Pelayanan di Parkir Pariwisata Jalan Merdeka. Saat meninjau pos, rombongan menyapa para petugas yang terdiri atas unsur Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, dan beberapa ormas, serta Pramuka. Mereka juga menanyakan kondisi keamanan kepada personel yang bertugas serta memberikan motivasi agar selalu siaga dan bersemangat menjalankan tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain melihat kesiapan para petugas pengamanan, Togar dan rombongan menyerahkan bingkisan kepada para petugas jaga. Diharapkan bingkisan tersebut dapat menjadi penyemangat bagi para petugas dalam menjalankan tugas.

Setelah menyerahkan bingkisan dan foto bersama, rombongan menuju Pospam di eks Terminal Sukadame. Setelah itu, rombongan dengan berjalan kaki meninjau Pasar Dwikora. Di pasar tradisional itu, Togar menyapa sejumlah ledagang dan menanyakan harga bumbu dapur serta bahan makanan lainnya. Sedangkan Kapolres menanyakan izin berjualan petasan kepada sejumlah pedagang.

Sementara itu di Pospam Simpang Dua, yakni di Jembatan Timbang, selain menyapa petugas, Togar menanyakan kondisi para pengemudi dan penumpang yang ingin mudik. Dalam kesempatan tersebut, Togar berpesan agar senantiasa berhati-hati dan selamat sampai tujuan sehingga dapat merayakan Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

Togar mengingatkan agar warga juga mendukung petugas. Salah satunya, tidak mengenakan perhiasan mencolok di tempat-tempat umum, termasuk pusat perbelanjaan. Tujuannya, agar tidak mengundang orang lain melakukan tindak kejahatan.

“Jadi hindarilah mengenakan perhiasan mencolok saat berpergian. Mari kita minimalisir sekecil mungkin terjadinya tindak pidana, Dan dalam berkendaraan jangan ugal-ugalan di jalan,” imbaunya.

Sementara itu, seluruh petugas gabungan mengaku siap memberikan pelayanan. Mereka mengaku sejauh ini kondisi keamanan di seputaran Pospam aman dan terkendali.

“Diharapkan seluruh personel yang bertugas tetap bersemangat dalam bertugas guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat,” kata Kapolsek Siantar Marihat. inc-Rm.