Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya memasangkan tanda peserta pelatihan

Sergai-Intainews.com:Wakil Bupati [Wabup] Kabupaten Serdangbedagai [Sergai], Sumatera Utara, membuka penguatan kapasitas/ pelatihan tenaga fasitato lapangan [TFL] dan kelompok swadaya masyarakat [KSM], dana alokasi khusus [DAK] di Aula Hotel Grand Antares Medan, Senin 29 Juli 2019.

Pada pembukaan tersebut Wabub Darma Wijaya mengatakan, selama kurun waktu tahun 2012 hingga sekarang, Pemkab Sergai melalui Dinas Perkim telah banyak melaksanakan pembangunan dan pengembangan sistem Instalasi Pengolahan Air Limbah [IPAL].

Antaralain pembangunan 50 unit IPAL dengan kombinasi MCK dilengkapi jaringan perpipaan dilaksanakan dengan sistem swakelola bersumber dari DAK. Kegiatan hari ini dilatarbelakangi banyaknya fasilitas yang diberikan tidak tepat fungsi dan peruntukannya yang akhirnya terbengkalai.

Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya berfoto bersama peserta

Hal tersebut selain dikarenakan KSM yang belum profesional dalam pengelolaan juga dikarenakan SDM yang tingkat kesadaran masyarakat masih rendah akan pentingnya sanitasi dan kebersihan. “Kepada dinas terkait, kegiatan ini akan kami jadikan sebagai bahan evaluasi dan arahan terhadap operasional dan perbaikan di bidang sanitasi untuk masa datang.

Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman H Dasrl, SKM menyebut, tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan, merencanakan, melaksanakan, mengawasi, memonitor, supervisi dan mengelola kegiatan pembangunan sanitasi. Kegiatan diikuti 103 KSM se-Sergai dan 6 orang TFL.

Sebagai narasumber dari Yayasan Bina Ekonomi Sosial Terpadu [BEST] Jakarta dan Satker Air Minum Provsu Kementerian PU dan Pera RI. *Inc-14