Ilustrasi. Istimewa

Nias Selatan-Intainews.com:Besok, Selasa 23 April 2019 Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara menggelar Pemilihan Umum susulan di lima kecamatan yang pelaksanaan pemilunya tertunda pada 17 April 2019 yang lalu.

Selain pemilu susulan, KPU Nias Selatan juga menggelar pemilu lanjutan dan pemilu ulang di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Nias Selatan. Hal tersebut dibenarkan Ketua KPU Bias Selatan Edward Duha ketika dihubungi melalui pesan singkat, Senin 22 April 2019.

“Benar, pemilu susulan di lima kecamatan yang tertunda pemilunya akan kita gelar besok, lima kecamatan tersebut adalah Kecamatan Toma, Sidua’ori, Mazino, Somambawa dan Lolowau,” jelasnya. Dia memastikan jika logistik untuk kecamatan Lolowau, Simambawa, Toma dan Mazino telah tiba di lokasi, sedangkan untuk kecamatan Sidua’ori masih dalam perjalanan.

Selain itu, sesuai surat edaran KPU Nias Selatan terkait jadwal pemilu susulan diketahui jika ada beberapa tempat pemungutan suara yang akan menggelar pencoblosan susulan lanjutan dan ulang besok.Yang menggelar pencoblosan susulan adalah Tps 2 di Desa Hiligeho, Kecamatan Teluk Dalam, dan Tps 1 dan 2 di Desa Orahili Balaekha, Kecamatan Lahusa, Nias Selatan.

Pencoblosan lanjutan digelar di Tps 1 Desa Hiliwatema dan tps 4 di Desa Golambanua, kecamatan Lahusa, Nias Selatan. Sedangkan pencoblosan ulang digelar besok di Tps 3 Desa Bawadobara, Kecamatan Teluk dalam, dan Tps 3 di Desa Hilizomboi, Kecamatan Lahusa, Nias Selatan.

Sebelumnya, Ketua Kpu Nias Selatan telah memberitahu jika pencoblosan di kecamatan Toma, Somambawa, Sidua’ori dan Mazino ditunda karena logistik tidak sempat dikirim. Logistik tidak sempat dikirim karena masalah keterlambatan pengepakan kotak suara, sedangkan untuk kecamatan Lolowau ditunda karena terlambat. *Inc-12