Para peserta yang sedang belajar menggunakan dan mengaktivkan Aplikasi ITK POLRI menggunakan Ponsel Android.foto/Ist.

Abdya-Intainews.com : Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar acara Kuisoner Data Presepsi Eksternal Indeks Tata Kelola Online (ITK-Online) di Aula Polres Abdya. Senin, (11/5/2020).

Pantauan wartawan Intainews.com, acara tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya) AKBP Moh Basori SIK Melalui Waka Polres Kompol Zainuddin S.Pd.

Kegiatan itu juga diikuti oleh Asisten I Setdakab Amrizal,S.Sos, Kasi Pidum M.Agung Kurniawan SH,MH, Perwakilan Kodim 0110 Pos lanal TNI AL Subdenpom, Anggota DPRK, Dishub, Skpk, Jurnalis, Lsm, Tokoh Masyarakat dan Nelayan serta undangan lainnya.

Waka Polres Abdya Kompol Zainuddin S.Pd dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini baru pertama kali kita lakukan di Polres Abdya, bertujuan untuk mengevaluasi tata cara kinerja Polri melalui Aplikasi Indeks Tata Kelola Online (ITK-O),

“ini salah satu program Kapolri melalui Tim Asistensi Akademisi ITK untuk menilai kenerja Polri khususnya di Polres Abdya ini.” sebut Waka

Selanjutnya Waka Polres juga berharap, setelah adanya kegiatan ini kita bisa melakukan koreksi dimana yang dianggap kurang maka akan kita perbaiki kinerja Polri kedepannya supaya menjadi lebih baik dari sebelumnya, bisa melayani dan mengayomi masyarakat untuk lebih baik lagi.” Ujarnya.

Sementara itu, Mirza Fauzul Hadi anggota kemitraan ITK dari Universitas Syiah Kuala (Unsyah) menjelaskan, Indek tersebut merupakan salah satu alat ukur untuk melihat tata kelola Polri ditingkat Polda dan Polres.

“Namun kegiatan ini tidak hanya bermanfaat diinternal Kepolisian saja tetapi juga secara eksternal terhadap masyarakat.” ujarnya.

“Manfaat dari penilaian diantaranya menuju zona integritas dan perbaikan layanan publik, indeks inilah yang menjadi tolak ukur dalam pelayanan tugas Polri kedepan.” Tuturnya.

Kemudian itu, Kepala Pusat Riset Ilmu Kepolisian dari Universitas Syiah Kuala M. Iqbal. SH. MH menyebutkan, kegiatan ini sudah lima tahun berjalan dari tahun 2015 sampai saat ini 2020.

Dijelaskannya, Kegiatan ini juga merupakan ITK dari Mabes Polri dan kami dari peneliti lokal juga berharap setelah kegiatan ini nantinya ada perubahan Layanan kepolisian terhadap Pelayanan internal di Polres Aceh Barat Daya (Abdya).” Pungkasnya.Inc-MS.