Kepala Cabang BPJamsostek Medan Utara, Iskandar. (Foto: Ist)

Medan-Intainews.com | BPJamsostek Medan Utara memberikan edukasi dan pemahaman perlindungan pekerja, di Pasar Titi Papan, tepat di wilayah kerjanya untuk melindungi masyarakat dari risiko kecelakaan.

Kepala Cabang BPJamsostek Medan Utara, Iskandar mengatakan, tujuan acara ini adalah memberikan pemahaman kepada para masyarakat dan pekerja. Dimana ada program perlindungan dari pemerintah, dan penyelenggaranya itu adalah BPJamsostek ini.

“Harapan kita dalam edukasi ini adalah, mereka paham kemudian mereka mendaftarkan diri menjadi anggota BPJamsostek. Arti kata setelah mereka mendaftar resiko-resiko kecelakaan, maupun kematian, maka akan mendapatkan jaminan dan santunan yang ada pada program BPJamsostek tersebut,” katanya disela sela acara di Pasar Titi Papan, Medan Utara, Sabtu (21/12/2019).

Dikatakannya, selain di Pasar Titi Papan, dimana Pasar tersebut adalah wilayah cabang BPJamsostek Medan Utara ada Pasar Marelan, Pasar MMTC, juga dilakukan edukasi pemahaman pentingnya melindungi diri dengan menjadi peserta BPJamsostek.

“Kedepan kami ingin terus mengembangkan dan terus memberikan edukasi karena program BPJamsostek ini tidak hanya pada sektor formal juga pekerja kantoran, dan pada sektor usaha seperti UMKM yang termasuk pekerja non formal yang berhak di lindungi,” ujarnya.

Sedangkan untuk target peserta kedepan, pihaknya selalu menargetkan sampai kepada 100 persen, namun itu perlu diadakan sosialisasi dan edukasi, memberikan pemahaman kepada masyarakat agar supaya masyarakat meningkat kesadarannya akan resiko bekerja.

“Secara keseluruhan di Kota Medan Utara ini peserta belum mencapai 50 persen dari seluruh tenaga kerja yang terlindungi, jadi, untuk peserta non formal masih 30 persen, dan itu Insya Allah akan terus di target dengan kerja keras kita semua,” ujarnya.

Kepala PD Pasar Titi Papan, Nurnadi menyampaikan, dengan kegiatan ini banyak harapan kepada BPJamsostek Medan Utara. Dengan adanya kerjasama antara PD Pasar dengan BPJamsostek Medan Utara supaya lebih erat lagi dengan diberikan bantuan.

“Terima kasih kepada BPJamsostek Medan Utara yang telah memberikan kami pemahaman tentang perlindungan pekerja dan terima kasih juga bantuan berupa pembuatan gapura dipintu masuk dan keluar di Pasar Titi Papan serta bantuan berupa kipas angin, semoga kedepan lebih meningkat lagi kerjasamanya agar Pasar Titi Papan ini lebih maju,” pungkasnya. *inc-red