Ketua sementara DPRD Medan, Hasyim SE [baju merah baris belakang] berfoto dengan saudara-saudara disabilitas

Medan-Intainews.com:Melindungi kehidupan sehari-hari kaum disabilitas, menurut Ketua sementara DPRD Medan Hasyim SE sangat diperlukan peraturan daerah [Perda] disabilitas.

Kebutuhannya tergantung pemerintah otonomi daerah, meski Pemprov Sumut belum mmiliki perda tersebut tidak harus berjenjang. Asalkan UU-nya ada untuk diturunkan menjadi Perda.

Hasyim berjanji akan mengusulkan rancangan peraturan daerah [Ranperda] bagi penyandang disabilitas [penyandang cacat]. Jika Pemko tidak mengajukannya ke DPRD Medan, dia akan merangkul dewan lainnya untuk mengajukan ranperda hak inisiatif dewan untuk kaum disabilitas.

Penegasan itu diungkapkan Hasyim ketika menerima audiensi panitia perayaan Natal Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia [PPDI] Kota Medan, Senin 4 November 2019 di ruang kerjanya. Tujuannya kata Hasyim, agar pemerintah dan stakeholder lainnya memperhatikan nasib dan hak-hak kaum disabilitas.

“Di Indonesia ada 12 provinsi yang sudah memiliki Perda Disabilitas, diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Kalimantan Timur, Jawa Tengah dan lainnya. Dasar perda nanti adalah UU nomor 8 tahun 2016 tentang penyandan disabilitas pengganti UU nomor 4 tahun 1997 tentang penyandang cacat,” ucap Hasyim yang disampingi staf ahlinya Boydo HK Panjaitan SH.

Pengurus PPDI yang beraudiensi terdiri dari Ketua PPDI Sumut Muhammad Yusuf, Ketua PPDI Medan Joli Afriani, ketua panitia Natal Renta Simanjuntak, bendahara Marliana Sihombing dan Manaor Napitupulu.

Muhammad Yusuf mengatakan, selama ini tidak ada bantuan pemerintah, baik itu Pemrov Sumut maupun Pemko Medan. Padahal mereka sangat membutuhkan bantuan, terlebih mereka banyak yang berwira usaha sebagai tukang jahit.

Renta Simanjuntak mengakui, belakangan ini pelanggan mereka sudah berkurang, mereka butuh bantuan pemerintah agar keterampilan mereka dipakai.

“Kalau boleh, para pegawai negeri menjahitkan baju di tempat kami, inilah nafkah kami daripada kami harus meminta-minta di persimpangan jalan dan di traffic light,” kata Renta. *Inc-03