Anggota DPRD Medan Roby Barus

“Pekerjaan DPRD Medan SKGubsu. Masing-masing parpol sudah merekomendasi siapa kader mereka yang duduk. Jadi, tidak ada persoalan, tinggal di Gubernur,….”

Medan Intainews.com:Fraksi PDI Perjuangan DPRD Medan sesalkan Gubernur Sumatera Utara belum menandatangani SK definitif pimpinan dewan, hingga Senin 4 November 2019. Sehingga belum juga bisa dilakukan pengambilan sumpah/janji melalui paripurna istimewa.

“Kami dilantik 16 September 2019, sudah hampir 2 bulan pimpinan definitif belum dilantik. Padahal semua persyaratan sudah dipenuhi seperti surat rekomendasi dari pimpinan partai masing-masing utusan partai yang bakal menduduki pimpinan dewan.

Kalau masih ada yang belum kami penuhi, Gubernur terus terang saja biar kami penuhi,” kata Ketua Fraksi PDIP DPRD Medan Roby Barus kepada wartawan, Senin [4/11 di DPRD Medan.

Menurut Roby, pekerjaan di DPRD Medan sudah menumpuk, begitu juga pengaduan masyarakat sudah banyak. Semua itu harus ditampung melalui rapat dengar pendapat dan kunjungan kerja oleh dewan yang duduk di alat kelengkapan dewan [AKD]. Sementara AKD baru bisa terbentuk setelah pimpinan dewan defenitif dilantik.

Apalagi, tutur Roby, Kota Medan sedang dalam pembicaraan nasional pasca kasus hukum yang menimpa Walikota non-akt-Dzulmi Eldin. Pengawasan terhadap aparatur pemko dan penggunaan APBD harus dikawal dewan yang baru dilantik.

Fungsi dewan sebagai wakil rakyat setelah dipilih lewat pileg harus segera dilihat dan dirasakan masyarakat yang memilih mereka. “Tapi pekerjaan kami terhambat oleh SK dari Gubernur, seharusnya pemimpin Sumut ini sudah segera menandatangani SK tersebut.

Karena, lanjutnya, masing-masing parpol sudah merekomendasi lewat surat siapa kader mereka yang duduk. “Jadi tidak ada persoalan lagi, tinggal di Gubernur. Kami heran kenapa begitu lambat diteken. Masyarakat sudah bertanya-tanya, kenapa dewan belum menyahuti aspirasi mereka,…” ungkap Barus.

Sementara Ketua sementara DPRD Medan Hasyim SE kepada wartawan mengatakan, kemungkinan pelantikan dilakukan, Jumat [8/11]. Karena, pada rapat pimpinan sementara dan calon pimpinan dewan, Senin [4/11] pagi, Wakil Ketua Sementara Ikhwan Ritonga menelepon Gubernur dan mengatakan, Jumat dilakukan pelantikan.

Informasi dari sumber dari Kabiro Humas Pemprovsu, Hendra menyebutkan, Gubernur Edy Rahmayadi sedang berada di Jakarta dan Wagubsu berada di Eropah. *Inc-03