Kisaran-Intainews.com:Sekretaris Daerah Kabupaten [Sekdakab] Asahan, Sumatera Utara, Taufik Zainal Abidin [foto] mewakili Bupati Asahan, membuka Bursa Inovasi Desa [BID] yang dipusatkan di Balai Karyawan PTPN3 Desa Perkebunan Sei Silau Kecamatan Buntu Pane, Kamis 17 Oktober 2019.

BID Klaster III yang diresmikan tersenut, Kecamatan Silau Laut, Air Joman, Rawang Panca Arga, Meranti, Pulau Bandring, Buntu Pane, Setia Janji, Tinggi Raja dan BP Mandoge. “Setiap desa di Asahan dapat mengembangkan potensi desanya,” kata Taufik Zainal Abidin.

Dengan cara, lanjut Sekda, memberdayakan masyarakat desa menggunakan Dana Desa [Dandes] yang dikucurkan Pemerintah Pusat, sehingga penggunaannya digunakan dengan baik dan tepat sasaran. BID ini dirancang Pemerintah Pusat dengan tujuan untuk membangun desa.

Pembangunan desa, sebutnya, bukan hanya pada bidang insfrastruktur saja, tetapi juga pada bidang kewirausahaan dan sumber daya manusia [SDM], sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat. “Manfaatkan BID untuk mamajukan desa, seperti memasarkan produk yang ada pada desa masing masing,” tutur Sekda. *Inc-10