Ilustrasi. Istimewa

Nias Utara-Intainews.com:Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara diguncang gempa tektonik sekitar pukul 19.18 WIB, Rabu 16 Oktober 2019.Getaran gempa yang berpusat di laut 43 kilometer barat daya Nias Utara Sumatera Utara terasa hingga di Kota Gunungsitoli.

Kepala Balai Besar Metereologi Klimatologi dan Geofisika [BMKG] wilayah I Medan, Sumatera Utara Edison Kurniawan melalui pesan singkat membenarkan gempa yang melanda Nias Utara, Rabu.

Gempa yang terjadi pukul 09.18 wib dengan kekuatan 4,8 sr terletak pada koordinat 1.26 LU dan 97.01 BT, tepatnya di laut 43 km Barat daya Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara pada kedalaman 23 kilo meter tidak menimbulkan tsunami.

“Ditinjau dari kedalaman hiposenter, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi antara lempeng Indo-Australia dengan lempeng eurasia,” jelasnya.

Sehingga menyebabkan terjadi deformasi batuan dan memicu terjadinya gempa bumi dan meskipun dangkal dan terjadi di laut, gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu tsunami.

“Berdasarkan informasi dari beberapa warga, intensitas guncangan gempa bumi tersebut dirasakan hingga di Kota Gunungsitoli, tetapi belum ada laporan kerusakan maupun ada korban luka atau jiwa,” terangnya.

Tidak lupa dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG serta arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPPD]. “Khusus masyarakat di pesisir pantai diimbau tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” imbaunya.*Inc-12