Danposramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serma Haris Nasution saat sosialisasi tentang Kenakalan Remaja

Nagan Raya-Itainews.com:Untuk mencegah dampak kenakalan remaja di wilayah binaan, Posramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya, Aceh melakukan penyuluhan terhadap orangtua di Balai Desa Ujong Krueng, Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya, Kamis 10 Oktober 2019.

Kegiatan itu dilakukan agar para orangtua bisa menjadi tauladan buat anak-anaknya dengan menciptakan keluarga yang harmonis serta menjalin komunikasi yang baik dengan anak dan keluarga.

Hadir dalam kesempatan tersebut Danposramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serma Muda Haris Nasution, Staf BKKBN Nagan Raya Ajah, Amd. Keb, Staf DPMGP4 Erna wati Amd Keb, dan ibu-ibu masyarakat Desa Ujung Kreung, Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya.

Pada kesempatan itu, Danposramil Tripa Makmur Kodim 0116/Nagan Raya Serma Haris Nasution mesosialisasikan tentang kenakalan Remaja, orangtua diharapkan memberi pengawasan terhadap anak. Seperti main layang-layang kadang ditarik, kadang dilepas tapi tetap dijaga atau dikendalikan.

Orangtua, ungkapnya, harus mampu memberi batasan kepada anak-anaknya apa-apa yang tidak boleh dilakukan. Dengan bermodalkan keimanan dan ketaqwaan yang kuat dan benar maka seorang remaja akan dapat mengontrol perbuatan yang menyimpang, inilah salah satu konsep dasar penanggulangan kenakalan remaja.

Sementara Staf BKKBN Nagan Raya Ajah. Amd. Keb menyebutkan, “Remaja adalah generasi penerus bangsa, calon pemimpin masa depan dan kontributor bagi kemajuan Negara. Akhir-akhir ini remaja dan para pelajar dipengaruhi oleh berbagai faktor seningga berdampak pada kenakalan remaja,” ujarnya.

Masa depan generasi muda, tambahnya, adalah tanggung jawab kita berasama, tidak hanya guru ataupun aparat Negara tapi orang tua dan lingkungan juga berperan. “Untuk itu kami dari BKKBN Nagan Raya merasa bertanggung jawab untuk hadir pada kegiatan ini,” sebut Ajah.

Adapun kenakalan remaja yang muncul saat ini antaralain, merokok, minum-minuman beralkhohol, narkoba, pergaulan seks bebas tawuran dan perkelahian antar remaja. *Inc-09