Tim penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Tobasa dari PDIP foto bersama usai penutupan

Balige-Intainews.com:Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDIP] KabupatenToba Samosir [Tobasa] Sumatera Utara, Senin [16/9] resmi menutup pendaftaran bakal calon [balon] Bupati dan Wakil Bupati Tobasa periode tahun 2021-2016.

Pendaftaran sudah dilakukan dalam kurun waktu 14 hari, yakni sejak 2 September hingga 16 September 2019. Pihak PDIP sangat mengapresiasi para Balon yang mendaftar, mereka itu adalah kontestan yang ingin bertarung untuk Pilkada 2020 mendatang.

“Pendaftarnya ada 14 orang terdiri dari 8 balon bupati dan 6 balon wakil bupati,” kata Ketua DPC PDI Perjuangan Mangatas Silaen di kantor PDI Perjuangan Balige, Selasa 17 September 2019. Dari 8 Balon Bupati kata Mangatas, termasuk dirinya mendaftar untuk balon bupati.

Ada juga kader partainya seperti Djojor Tambunan [Wakil Ketua DPD PDIP Sumut] , Manahara Manurung SE [Wakil Ketua DPD PDIP Riau]. Sedangkan dari non kader, ada Dolok M Panjaitan dari Papua, Ir Poltak Sitorus Msc dari Bandung, Komber Maruli Siahaan SH MHum dari Medan, Ir Basar Simanjuntak dari Jakarta kini pejabat Badan Pengelola Otorita Danau Toba dan Petahana Ir Darwin Siagian Bupati Tobasa.

Sementara Balon Wakil Bupati yang mendaftar, dari kader, diantaranya, Ir Viktor Halomoan Silalahi dari Ajibata, Mangapul Siahaan SSos dari Balige, Fernando Napitupulu Balige, Robinson Tampubolon SH dari Palembang dan petahana Ir Hulman Sitorus MSi yang kini masih Wakil Bupati Tobasa.

Nama-nama itu, sebut mantan Ketua DPRD Tobasa ini, akan validasi data, seterusnya dibawa ke DPD Provinsi Sumatera Utara agar diteruskan ke DPP PDIP perjuangan untuk penetapan nama untuk dijadikan calon bupati dan wakil bupati di Pemilukada 2020.

Terpisah, Ketua DPC PKB Tobasa St Sabaruddin Tambunan Amd dan Ketua DPC Partai Demokrat Tobasa Robinson Tampubolon SH mengatakan, partainya masih belum melakukan penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Tobasa.

“Nanti akan kita umumkan ke publik tentang jadwal dan acara penjaringan Balon, di sekitar Desember 2019 tahun ini,” tukasnya. *Inc-15