Koordinator Wartawan DPRD Medan, Zulardi Harahap {kiri]. calon Ketua DPRD Medan, Hasyim SE dan Siti Nurjanah {paling kanan]. wartawan Metrorakyat online

Medan-Intainews.com:Terkait relokasi Pasar Timah Medan, Calon Ketua DPRD Medan Hasyim SE memberi apresiasi terhadap pedagang pasar Timah yang sepakat direlokasi di tempat penampungan sementara, dengan berangsur-angsur selama 2 pekan.

Kesepakatan tersebut berjalan harmonis dengan persuasif yang dilakukan Direktur [Dirut] PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya, melalui pendekatan dengan pedagang Pasar Timah, sebelum dilakukan relokasi saat pasar akan segera direvitalisasi.

Hal ini diungkapkan Hasyim  kepada wartawan di ruangan kerjanya di DPRD
Medan, Selasa 10 September 2019. Menurut Hasyim, pasar Timah tersebut akan direvitalisasi guna meningkatkan pembangunan pasar di kota Medan, menjadikan pasar tradisional menjadi pasar modern.

“Sebab dengan direvitalisasi Pasar Timah, kondisi pedagang akan lebih baik, dan dari kegiatan pasar dapat memberikan masukan ke pendapatan asli daerah [PAD] Kota Medan,“ jelas Hasyim. Selanjutnya dengan relokasi pedagang program revitalisasi pasar Timah sudah bisa berjalan dengan baik.

Masih Hasyim menerangkan, dengan revitalisasi Pasar Timah tanpa merugikan pedagang dan pihak manapun. Untuk itu pengembang diharap, agar pengembang tidak berlama-lama membangun kembali Pasar Timah. Supaya para pedagang tidak berlama-lama pula berada di tempat penampungan.

Sementara pedagang menginformasikan, agar pengembang berkenan merehab bagian-bagian-bagian bangunan di tempat relokasi pedagang yang kelihatan tidak tertata, supaya para pedagang dapat lebih nyaman menempatkan barang dagangan, walaupun bersifat sementara.

Hasyim, menilai Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya sangat peduli dan dekat dengan para pedagang, sebab pedagang merupakan mitra PD Pasar Kota Medan. “Untuk itu hal-hal yang penting menyangkut kelancaran pedagang dan transaksi bisa dibicarakan dengan Dirut PD Pasar, “ tukas Hasyim SE.

Di saat pertemuan dengan wartawan, Hasyim tidak lupa mengingatkan kepada pedagang, untuk tidak khawatir. Segera melakukan kordinasi dengan PD Pasar Kota Medan. Baik terkait kartu berdagang yang sudah kadaluarsa [mati], maupun hilang segera dilaporkan untuk dapat diurus sebagai kelengkapan
administrasi.

Begitu revitalisasi Pasar Timah selesai, tutur Hasyim, para pedagang akan menempati di tempatnya semula. Dan pedagang jangan cemas terhadap harga kios dan stand, semua sudah ditetapkan melalui perwal. Semoga Walikota Medan dapat memberikan harga serendah-rendahnya, untuk membantu  kesejahteraan masyarakatnya. *Inc-03