Hasyim SE menunjukkan SK mandat Ketua Umum PDIP Pusat, Megawati Soekarnoputri

Hasyim pun berjanji akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan tugas pokok dan fungsi [tupoksi]) anggota dewan 5 tahun ke depan.

Medan-Intainews.com:Setelah 9 organisasi non pemerintah [Ornop] diwakili Asnul meminta kepada Ketum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri agar menetapkan Hasyim SE dapat menjadi Ketua DPRD Medan, [baca Intainews.com, Kamis 5/9/2019], ternyata terkabul.

Melalui surat tertulis Megawati Soekarnoputri menginstruksikan seluruh jajaran DPC PDIP Kota Medan dan anggota DPRD asal PDIP untuk mengamankan dan memperjuangkan Hasyim, SE menjadi Ketua DPRD Kota Medan periode 2019-2024.

Hal itu tertuang dalam surat keputusan [SK] bernomor 542/IN/DPP/IX/2019 perihal pengesahan dan penetapan calon Ketua DPRD Medan tanggal 4 September 2019 yang ditandatangani Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jendral Hasto Kristianto ditujukan ke DPC PDIP Kota Medan.

“Surat ini, saya jemput langsung ke Jakarta di kantor DPP PDIP,” ujar Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim, SE kepada wartawan di kantornya, Minggu 8 September 2019. surat keputusan ini ungkap Hasyim menindaklanjuti surat DPD PDIP Sumut nomor 06/IN/DPD/VIII/2019 tertanggal 1 Agustus 2019 prihal pengajuan nama calon Ketua DPRD di 23 kabupaten/kota se-Sumut.

Menindaklanjuti surat ini, DPP PDIP menggelar rapat 29 Agustus 2019 yang memutuskan tiga point antara lain mengesahkan dan menetapkan Hasyim SE sebagai calon Ketua DPRD Medan 2019-2024 yang diajukan PDIP.

Menginstruksikan kepada seluruh jajaran struktural partai dan anggota DPRD Kota Medan dari PDIP, amankan dan perjuangkan terpilihnya Hasyim SE menjadi Ketua DPRD Medan periode 2019-2024. Poin terkhir, Mega mengingatkan kepada mereka yang tidak mengindahkan instruksi dan melakukan aktivitas keluar dari kebijakan ini akan diberikan sanksi organisasi.

Ketua DPC PDIP Kota Medan Hasyim SE yang anggota DPRD Medan terpilih kembali di Pileg 2019, menegaskan siap menerima serta mengawal instruksi Megawati yang telah mengamanahkannya untuk menjadi Ketua DPRD Kota Medan periode 2019-2024.

19 September Masa Bakti DPRD Medan Berakhir

Ia pun berjanji akan berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan tugas pokok dan fungsi [tupoksi]) anggota dewan 5 tahun ke depan. Adapun 9 Ornop yang mendukung Hasyim menjadi Ketua DPRD Medan, Persatuan Rakyat Penegak NKRI, Forum Pemuda Peduli Indonesia.

Berikut Himpunan Pemuda Pendukung Reformasi, Pusat Kajian Pembangunan Nasional, Pusat Kajian Kebijakan Publik, Lembaga Pemantau Aparatur Negara, Barisan Pemuda Pejuang Reformasi, Lembaga Anti Korupsi Indonesia, Wahana Pendidikan Indonesia, dan Serikat Penduli Buruh Indonesia.

Sementara terpisah, Ketua KPU Medan Agussyah Damanik kepada wartawan Minggu [8/9/2019] menyebutkan KPU Medan sudah mengajukan surat pelantikan 50 anggota DPRD Medan yang baru ditetapkan kepada Gubsu melalui Walikota Medan untuk segera di-SK-kan.

“Kami telah mengajukan surat tersebut pada 19 Agustus 2019 lalu. Nanti tim dari gubenurlah yang menentukan jadwal pelantikannya,” ungkapnya, sembari menyampaikan masa berakhirnya anggota DPRD Kota Medan pada 19 September 2019 mendatang. Bisa jadi, pada tanggal ini juga mereka dilantik. * Inc-03