Plt BUpati Asahan H Surya (no.2 dari kanan], saat berbincang dengan pengurus Pujakesuma Asahan

Kisaran-Intainews.com:Putra Jawa Kelahiran Sumatera [Pujakesuma], Kabupaten Asahan, Sumatera Utara melaksanan Kenduri Suroan [Peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H] di Paguyuban Keluarga Besar Pujakesuma, Kecamatan Setia Janji, dihadiri Plt Bupati Asahan H Surya BSc, Sabtu 7 September 2019.

Pada Kenduri Suroan yang berlangsung di lapangan Desa Sei Silo Barat, Plt Bupati Asahan mengucapkan selamat tahun baru Islam 1441 H, semoga Allah Swt tetap memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. H Surya menyebutkan, sejak berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia mengakibatkan begitu cepatnya arus kebudayaan masuk ke Indonesia.

“Ada budaya yang baik masuk melalui internet dan media elektronoik, karena mengajarkan modernisasi yang lebih rasional. Namun ada pula yang mengajarkan sesuatu yang tabu bagi budaya Indonesia, tetapi banyak yang semakin menikmatinya sebagai gaya hidup modern. Kita seolah terbuai dengan kebebasan yang ditawarkan kebudayaan asing,” tutut H Surya.

Untuk itu Plt Bupati berharap kepada seluruh pengurus dan anggota Pujakesuma Asahan, khususnya pengurus Pujakesuma Kecamatan Setia Janji agar berperan aktif dalam melestarikan budaya Jawa, yang merupakan bagian dari kebudayaan Nusantara.

Ketua Pujakesuma Asahan, Rianto menyebutkan, kepada seluruh keluarga besar Pujakesuma Asahan untuk terus menumbuhkembangkan budaya Jawa agar dapat dilestarikan terus dari generasi ke generasi. “Dan Pujakesuma Asahan siap mendukung program dan visi misi Pemkab Asahan,” ujarnya.

Ketua Pujakesuma Kecamatan Setia Janji, Sarwono mengajak agar menjadikan Pujakesuma organisasi yang menyelesaikan masalah, bukan organisasi pembuat masalah. Hal tersebut dapat terwujud apabila Pujakesuma dapat menciptakan keguyuban etnis Jawa yang ada di Asahan.

Selanjutnya, Kenduri Suroan mendengarkan tausiyah dari Ustadz Saimin. Ustadz mengajak seluruh jamaah dan pengurus Pujakesuma untuk melakukan instrospeksi diri, dan selanjutnya menebarkan kebaikan kepada umat manusia. “Manfaatkanlah umur yang diberikan Allah Swt kepada kita dengan sebaik-sebaiknya,” pinta Ustadz Saimin.

Acara juga dihadiri sesepuh Pujakesuma H Endang Ngadiman, OPD, Camat Setia Janji, Muliadong SH, Kapolsek Parapat Janji, Danramil Buntu Pane, pengurus Pujakesuma dan undangan lainnya. *Inc-10