Bananda Suandi

Medan-Intainews.com:Pasar tradisional Perumnas Simalingkar Medan merupakan pasar paling bersih di antara 50 lebih pasar tradisional yang ada di kota Medan. Hal itu berdasarkan hasil perlombaan pasar terbersih memeriahkan HUT RI ke-74.

Dalam perlombaan yang dilaksakanan Direktur Utama [Dirut] Perusahaan Daerah [PD] Pasar Medan, Rusdi Sinuraya, pasar terjorok adalah Pasar Sentosa Baru Medan. Seleanjutnya, Kepala Pasar Sentosa Baru dicopot jabatannya oleh Dirut Pasar.

Nah, Kepala Pasar Perumnas Simalingkar Medan, Bananda Suandi, mengatakan kepada Intainews.com Rabu 21 Agustus 2019, merasa bersyukur pasar yang dipimpinnya menjadi juara terbersih. Dia pun senang dan terharu atas prestasi yang diraih, berkat kerjasama dan kesadaran terhadap kebersihan seluruh pedagang Pasar Simalingkar.

Tak lupa, Bananda mengucapkan terimakasih kepada tim dan staf pasar tradisional Simalingkar Medan yang telah bekerja keras untuk menciptakan Pasar Simalingkar menjadi bersih dan indah, menjadi kebanggaan Kota Medan.

“Tanpa ada kerjasama dengan tim dan staf pasar tersebut tidak bisa pasar ini menjadi bersih dan indah,” jelasnya, di ruang kejanya yang bersih dan rapi. Setiap hari, tambahnya, pasar ini dibersihkan tiga kali, untuk benar-benar bersih indah dan nyaman buat para pedagang juga bagi pembeli.

“Karena kita menciptakan pasar adalah bagaikan rumah pedagang sendiri, hal ini menjadi penting sehingga mereka benar-benar harus menjadikan pasar itu bersih, nyaman dan indah. Ini semua dikerjakan saling bahu membahu antara petugas pasar dan pedagang serta pembeli yang begitu peduli terhadap kebersihan pasar,” ungkapnya.

Suasana di Pasar Perumnas Simalinkar kelihatan bersih dan nyaman

Setelah tumbuh kepedulian terhadap kebersihan sampah, pasar Tradisional Simalingkar menyediakan bank sampah di lokasi pasar. “Supaya sampah tersebut tidak berserakan, semua sampah sebelum dibuang ke bank sampah, di setiap sudut jalan los dan gang tempat pedagang ada tong sampah,” ujarnya.

Dan baru ini, dilaksanakan oleh Dirut PD Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya, begitu semangat untuk memajukan pasar tradisinal menjadi pasar modern. “Supaya mampu berkompetisi dengan pasar modern seperti mal. Dengan bersih dan nyaman kondisi pasar tradisiopnal, masyarakat lebih suka belanja di pasar tersebut,” tutur Bananda.

Langkah selanjunya, ujarnya, setelah mendapat penghargaan dengan prestasi ini, pihaknya akan tetap menjaga kebersihan, keindahan dan kenyamanan pasar Tradisional Simalingkar ini.

Sementara salah seorang pedagang buah Sastra Peranginangin mengatakan kebanggaan ini baru dirasakannya, dia sudah puluhan tahun berjualan di Pasar Simalingkar. “Saya bangga atas prestasi ini. Mari kita dukung PD Pasar Kota Medan untuk memajukan pasar tradisional, menjadi pasar tradisional yang bersih dan nyaman, “katanya.

Berikut, petugas kebersihan pasar tradisional Simalingkar Medan Anto Budiman Sinaga, juga berterima kasih kepada khususnya PD Pasar Kota Medan yang begitu mengaspirasi kita untuk kemajuan pasar tradisional menuju pasar modern.

“Bank sampah menjadi penunjang kebersihan di pasar ini. Harapan kita untuk pemerintah kota [Pemko] Medan agar lebih memperhatikan pasar tradisional dari pada pasar modern, Tutup Nanda. *Inc-03