Anggota DPRD Medan, H Sabar Syamsurya Sitepu S.I.Kom. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:Kriminal yang sering kerap terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara, membuat masyarakat semakin takut untuk keluar rumah. Seperti halnya kejadian yang menimpa driver grab [Ojek online] baru-baru ini.

Pelaku menusuk kepala dan melarikan barang-barang milik korbannya. Menanggapi kejadian tersebut, Ketua Komisi A DPRD Medan, H Sabar Syamsurya Sitepu S.I.Kom meminta pihak kepolisian untuk sigap melakukan rutinitas patroli di daerah-daerah rawan kriminalitas.

“Salah satu yang harus dilakukan dalam hal ini yaitu kerjasama antara Polisi dengan masyarakat. Artinya, masyarakat juga harus membantu polisi untuk memberikan informasi,”ujar politisi Partai Golkar ini kepada wartawan, Rabu 7 Agustus 2019.

Dikatakannya, guna menghindari kriminal di daerah kediaman masyarakat, diharuskan membangun Sistem Keamanan Lingkunga [Siskamling]. Sehingga gerak para pelaku kejahatan semakin sempit dan tidak berani memasuki daerah tersebut.

“Yang memback-up masyarakat kan ada Babinkantibmas dan Babinsa. Jadi semangat masyarakat ini harus dibangkitkan supaya tidak takut menghadapi pembegalan atau kriminilatis lainnya,” jelasnya.

Ditegaskannya, salah satu yang diharapkan adalah bila ada laporan masyarakat secara lisan supaya ditindak lanjut oleh pihak kepolisian. Sehingga masyarakat senang bila ada aduan yang cepat ditanggapi oleh pihak kepolisian.

“Polisi harus menelurusi kebenaran informasi tersebut secara cepat. Masyarakat kan malas bila membuat laporan tertulis bolak-balik ke kantor polisi. Jadi buat masyarakat itu lebih gampang melaporkan kejadian-kejadian yang terjadi di sekitar kita,” harapnya. *Inc-03