Penyematan ulos oleh Wakil Walikota, Togar Sitorus (kiri) kepada Tim Privikasi Pusa

Siantar-Intainews.com:Di tengah Jakarta dilanda isu kota nomor dua tidak sehat di dunia, ternyata dari 202 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia, Kota Pematangsiantar masuk nominasi Kota Tersehat 2019.

Hal tersebut muncul saat Tim Verifikasi Pusat Kota Sehat tahun 2019 diterima Wakil Walikota Pematangsiantar Togar Sitorus SE MM didampingi Ketua TP PKK Nyonya Syahputri Hefriansyah Boru Hutabarat, Selasa 6 Agustus 2019.

Tim diterima di ruang Serbaguna kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah [Bappeda]. Tim Verifikasi Pusat Kota Sehat tahun 2019 dipimpin Aloysia Widyastuti dari Kementerian Kesehatan [Kemenkes] RI dan Theresia Lukita Siboro dari Kementerian dalam Negeri [Kemendagri].

Togar Sitorus SE mewakili Walikota Pematangsiantar H Hefriansyah mengatakan, Kota Pematangsiantar merupakan salah satu kota yang lolos verifikasi dokumen dan akan dilakukan verifikasi lapangan. Untuk tahap pertama, Kota Pematangsiantar fokus pada dua tatanan, yaitu kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, serta Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri.

Penyelenggaraan Kota Sehat pada tahapan ini, lanjutnya, untuk mendapatkan penghargaan Kota Sehat dengan taraf pemantapan, yaitu “Swasti Saba Padapa”.

Aloysia Widyastuti menyebutkan, pihaknya datang ke Kota Pematangsiantar untuk melakukan Verifikasi Kota Sehat.
“Pemerintah Kota Pematangsiantar pantas berbesar hati. Karena dari 202 kota/kabupaten di Indonesia, Kota Pematangsiantar masuk nominasi Kota tersehat,” jelasnya. *Inc-01