Ketua DPC PDIP Medan, Hasyim

Medan-Intainews.com:Pemilu Legislatif 2019 menghasilkan PDI Perjuangan jadi pemenang secara nasional. Bahkan di Sumut dan Kota Medan partai berlambang banteng moncong putih meraih suara terbanyak. Sehingga berdasarkan UU, partai pemenanglah [PDIP] yang berhak menjadi Ketua DPRD Medan.

Lembaga Pengkajian Potensi dan Penggerak Percepatan Pembangunan Sumatera Utara [LPSSU] menilai, PDIP sebagai parpol besar tentu memiliki mekanisme menentukan kadernya yang akan dipilih menjadi pimpinan di Legislatif. Hal itu dikatakan pengurus LPSSU Helmi Agusra Nasution SH kepada wartawan, baru-baru ini.

Dia memprediksi, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri memberikan kursi ketua DPRD Medan kepada kader yang sudah berpengalaman duduk di legislatif, minimal dua periode. Kalau dilihat dari daftar nama caleg terpilih dari PDIP yang dua periode ada beberapa orang seperti Daniel Pinem, Robbi barus, Wong Chun Sen Edward Hutabarat dan Hasyim.

Menurut dia, Hasyim yang juga Ketua DPC PDIP Medan sudah menjabat dua periode dan akan memasuki periode ketiga. Bahkan ia meraih suara terbanyak untuk PDIP Medan yakni 16.000 lebih. “Menurut kami, Hasyimlah yang lebih lebih berpeluang mendapat mandat dari DPP jadi Ketua DPRD Medan,” ucap Helmi.

Peluang Hasyim, kata dia, cukup besar, selain sebagai ketua partai dia juga anggota DPRD Medan memasuki periode ketiga dengan perolehan suara sangat signifikan. Pada pemilu 2014, Hasyim memperoleh suara tertinggi dari seluruh Caleg terpilih yaitu 13.000 lebih.

“Dia juga dua periode jadi Ketua DPC. Selama jadi ketua partai Hasyim berhasil meningkatkan perolehan suara dan kursi dari 9 menjadi 10 kursi sekaligus mempertahankan ‘gelar’ sebagai pemenang pemilu,” tutur Helmi Agusra.

Semua kriteria, tutupnya, sudah dipenuhi, sehingga menurut estimasi kami, Ketua DPRD Medan periode 2019-2024, Megawati Soekarno Putri memberikannya kepada Hasyim lah,” ungkap Helmi optimis. *Inc-03