Ilustrasi-Istimewa

Palas-Intainews.com:Baru-baru ini harimau kembali muncul di perkampungan warga di Kabupaten Padang Lawas [Palas], Sumatera Utara. Harimau tersebut memangsa seekor monyet perliharaan, warga pun ketakutan dengan kemuncul harimau yang dilindungi itu.

Kepala Bidang Konservasi Wilayah III Padangsidimpuan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara [Sumut] , Gunawan Alza, mengatakan pihaknya sudah mengirim tim ke lokasi. Saat ini mereka masih merangkum keterangan dari warga sekitar.

“Saat ini tim masih di lapangan. Langkah selanjutnya terkait keberadaan harimau ini, menunggu hasil yang diperoleh tim di lapangan,” kata Gunawan kepada wartawan, Kamis 11 Juli 2019.

Ini merupakan kejadian ketiga kali harimau memasuki kampung tersebut sepanjang 2019. Sebelumnya harimau juga memasuki kawasan itu pada 25 Mei 2019, menerkam seorang warga hingga menderita luka-luka berat.

Sebelumnya, konflik harimau dan manusia juga terjadi di Padang Lawas [Palas] pada Kamis [16/5/2019. Seorang warga tewas diterkam harimau saat sedang bekerja di kebun karet miliknya di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun.

“Belum bisa dipastikan apakah itu harimau yang sama. Tetapi memang daerah itu merupakan lintasan harimau,” kata Gunawan. Menurutnya, perubahan fungsi hutan karena berbagai sebab membuat ruang jelajah dan sumber makanan harimau berkurang. Sebab itu sang raja hutan keluar dari habitatnya *Inc-16