Pontianak-Intainews.com:Penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Quran Nasional [STQN] XXV tahun 2019 di Pontianak, tidak hanya sebagai event keagamaan, melainkan dijadikan momentum untuk menampilkan potensi dari masing-masing daerah di Indonesia, melalui pameran kerajinan [foto]dan kuliner.

Dalam kesempatan ini, provinsi Sumatera Utara (Sumut) memperkenalkan berbagai produk unggulan Industri Kecil dan Menengah (IKM) yang berasal dari Sumut. “Dalam pameran ini kita memperkenalkan Sumut dengan berbagai produk kerajinan yang dikerjakan oleh IKM Sumut maupun produk kuliner yang khas dari Sumut,” ujar Hasnah Lely Siregar, Sekretaris Dekranasda Sumut, Minggu 30 Juni 2019.

Produk unggulan yang berasal dari Sumut ini, lanjut dia, kain tenun songket yang berasal dari berbagai daerah di Sumut, di antaranya songket Batubara, Langkat, Sergai juga songket Deli. Juga ada mukena dengan bordir yang khas, serta kain ulos dan produk turunannya.

“Kalau kulinernya di sini ada dodol Langkat, teri Medan, bika ambon dan lainnya,” ungkap Lely. Dari berbagai produk unggulan Sumut yang dipamerkan tersebut, Lely mengatakan ada produk kerajinan yang baru kali ini diikutsertakan dalam pameran, yakni Sajadah Etnik.

Ketua Harian Panitia STQN XXV tahun 2019, Edi Rusdi Kamtono mengatakan,
pameran ini dilaksanakan selama 7 hari, mulai 29 Juni hingga 5 Juli 2019. Dia juga menyebutkan, selama pameran kerajinan berlangsung, akan dilakukan penilaian untuk memilih stan terbaik. “Adapun kriteria penilaian pertama kesesuaian dengan tema pameran, keindahannya dan akan dinilai perilakunya,” paparnya. *Inc-03