Nias Selatan-Intainews.com:Dari Danramil Sabtu 15 Juni 2019, diketahui jika sungai yang akan dibangun jembatan gantung adalah sungai Oyo yang terletak di dusun tujuh Bulukosatua, Desa Togizita Kecamatan Hilimegai, sungai Siwalawa di Desa Lolohowa Kecamatan Lolowau dan Sungai Aramo di Desa Aramo Kecamatan Aramo, Kabuoaten Nias Selatan (foto).

Suntana Juhana dari tim jembatan gantung di lokasi yang sama menerangkan bahwa pembangunan jembatan gantung di tiga lokasi di Kabupaten Nias Selatan berawal dari viralnya berita penggunaan rakit penyeberangan di sungai oyo yang dibangun Babinsa.

“Saya bersama tim tergerak membantu pembangunan jembatan gantung dengan menyediakan bahan material baja untuk jembatan gantung,” ucapnya. Masyarakat setempat diajak ikut andil membantu pembangunan, sehingga bisa ikut merasa bangga dan menceritakan kepada anak cucunya ikut andil dalam memberhasipkan pembangunan jembatan gantung di daerah mereka.

“Kita apresiasi langkah langkah yang ditempuh TNI AD dalam hal ini Kodam I/BB dalam membantu biaya fabrikasi dan transportasi pengiriman bahan material baja jembatan serta pengadaan bahan material lokal,” tuturnya.

Masyarakat diharapkan antusias untuk ikut bergotongrong, dan tidak berasumsi pembangunan tiga unit jembatan gantung di daerah mereka adalah proyek pemerintah, NGO atau lembaga sosial yang memiliki anggaran berlimpah.

Sebab asumsi tersebut kelak dapat menghambat proses pembangunan yang ditargetkan selesai pada minggu ketiga bulan Agustus 2019. Semua pihak juga harus bisa meyakinkan masyarakat untuk ikut membantu percepatan pengadaan bahan material lokal yang dibutuhkan dengan bergotong royong.

Tokoh adat Desa Togizita, Kecamatan Hilimegai, Kabupaten Nias Selatan Ama Riani Ndruru mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih atas rencana pembangunan jembatan gantung di desanya.

Bahkan dia dengan lantang dihadapan tim memuji kerja keras TNI, dan ucapkan dirgahayu ke-69 Kodam I Bukit Barisan. “TNI sangat profesional, rakyat mencintaimu dan selamat Hari Ulang Tahun Kodam I Bukit Barisan ke 69,” serunya dengan lantang sambil menyanyikan Mars Hilimegai. *Inc-12