Nagan Raya-Intainews.com:Direksi PT Socfin Indonesia telah menugaskan H Ricky Irawan Pengurus Perkebunan Seumanyam sebagai Narasumber dalam Pelatihan Komoditi Karet Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya sejak tahun 2018.

Dikatakannya Rabu 24 April 2019, kegiatan yang dilakukan sebagai narasumber pada saat pelatihan sesuai Surat dari Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya nomot:525/395/X/2018. Pesertanya saat dia (H Ricky Irawan) menjadi narasumber meliputi para petani komoditas karet (foto) yang ada di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh.

Materi yang disampaikan, ujarnya, terkait pemeliharaan tanaman karet, pengendalian gulma pada tanaman karet, pemupukan tanaman karet dan pembentukan cabang (Branch Induction) tanaman karet.

Selain itu, untuk praktik penderesan dilakukan langsung di lapangan. Adapun praktik yang dilakukan, prinsip dasar menderes, kriteria matang sadap, sistem deres, urutan pekerjaan menderes dan aspek utu deresan.

Pelatihan tersebut sudah mulai dilaksanakan 17 hingga 19 Oktober 2018 di Aula BPP Kecamatan Beutong. Menurut H Ricky Irawan, kegiatan yang dilakukan itu sesuai Surat Dinas Perkebunan Kabupaten Nagan Raya nomot:525/395/X/2018 agar PT Socfindo Indonesia menjadi salah satu narasumber. *Inc-09