Banjir bandang di Deliserdang. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:Banjir bandang melanda Desa Doku, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang, Provinsi Sumatera Utara, Kamis, April 2019 18 sekira pukul 17.00 WIB, sejauh ini tidak ada korban jiwa maupun luka-luka saat peristiwa itu terjadi.

Informasi dihimpun Intainews.com Jumat 19 April 2019, menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang Zainal Abidin Hutagalung, peristiwa banjir bandang itu, terjadi secara tiba-tiba sehingga mengejutkan warga.

Memang sebelum kejadian itu, menurut dia, pada siang harinya turun hujan sangat lebat, sehingga salah satu sungai yang terdapat di Desa Doku meluap hingga ke rumah warga. “Akibat banjir tersebut, satu unit rumah warga hancur dan satu sepeda motor hanyut,” ungkap Zainal.

Banjir bandang tersebut menghanyutkan batu yang berukuran besar dan menumpuk di dalam sungai. Selain itu, batu-batu tersebut, juga menutupi badan jalan raya yang ada di Desa Doku, sehingga mengganggu arus lalu lintas. “Camat Sibolangit meminta bantuan alat-alat berat kepada Dinas PU Kabupaten Deliserdang untuk membersihkan batu yang beserakan di jalan raya,” ujar Hutgalung.

Zainal menjelaskan, saat terjadi banjir bandang itu, personel Koramil Sibolangit, staf Camat Sibolangit turun ke tempat kejadian untuk memberikan pertolongan kepada warga terdampak banjir. Kabupaten Deliserdang memiliki 384 desa/kelurahan dan terbagi dalam 22 kecamatan, Ibu kotanya adalah Lubuk Pakam seluas 2.808,91 km persegi. *Inc-04