Ketua PPS Sei Mencirim, Sumardi

Deliserdang-Intainews.com:Sebagian warga Sei Mencirim Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara merasa kecewa karena tidak bisa menggunakan hak suaranya, disebabkan tidak memiliki persyaratan yang ditetapkan KPU seperti C-6 dan KTP-el.

Di lapangan warga yang tidak memiliki C-6 mengaku menggunakan KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) ditolak oleh petugas TPS. Sedangkan suaminya diperbolehkan memilih karena memiliki C-6. Dia mempertanyakan mengapa suaminya dapat C-6 dirinya tidak dapat.

“Bagaimana ini suami saya dapat C-6 kenapa saya tidak ada padahal di KK nama saya ada,” kata Sam Rabu 17 April 2019 di Sei Mencirim Deliserdang. Ternyata setelah diteliti dengan seksama, warga Dusun III Johar Sei Mencirim Sam itu tidak memiliki KTP-el Sei Mencirim. KTP-el yang dimilikinya, yang menerangkan dirinya adalah penduduk Pulo Brayan Medan.

Setelah diberi pengertian oleh petugas TPS, dia memahami dan dapat menerima suaminya yang mencoblos, menggunakan hak suaranya dengan C-6 ditangannya. Artinya dia akan memilih mau tinggal dimana, di situlah KTP-el dikeluarkan.

Sementara Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Sei Mencirim Kecamatan Sunggal, Sumardi mengatakan masalah seperti itu ada, tapi hanya sebagian kecil. Yaitu KK yang dimilikinya di Sei Mencirim, namun KTP-elnya masih di daerah Siantar, atau di Kota Medan.

“Kalau membawa KK tidak bisa untuk menggunakan hak suaranya, yang bisa itu menggunakan KTP-el. Itupun di KTP-el harus sesuai dengan alamat berada. Kalau warga Binjai, misalnya KTP-elnya di Sei Mencirim warga tersebut dapat menggunakan hak suaranya di Sei Mencirim dengan menunjukkan KTP-el kepada petugas di TPS setelah jam 12.00 WIb siang,” jelas Sumardi kepada Intainews.com.

Ditambahkan Sumardi, kalau dia tidak mempunyai C-6 tapi menggunakan KTP-el dapat menggunakan hak suaranya saat sudah dibuka pukul 07.00 WIB. Banyak warga yang tidak mempunyai C-6, menggunakan KTP-el seperti di TPS 4 Dusun I Jalan Jati Sei Mencirim Sunggal, akhirnya surat suranya kehabisan. Namun segera dapat diatasi. Secara umum kegiatan pemilihan suara di Sei Mencirim berjalan dengan aman dan tertib. *Inc-03