Sergai-Intainews.com:Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara menggelar sosialisasi Agen e-Warong dan penggunaan Electronic Data Capture (EDC) Penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), di Aula objek wisata Pantai Woong Rame Kecamatan Pantai Cermin, Senin 15 April 2019.

Menurut Kepala Dinas Sosial (Kadis) Misran, SE kegiatan ini diikuti 369 peserta terdiri dari camat, kades, serta agen penyalur BPNT yang memiliki rasio Keluarga Penerima Manfaat (KPM) 1 e-Warong atau Elektronik Warung Gotong Royong berbanding 250 KPM.

Tujuan kegiatan ini, ujar Misran, meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program penyaluran beras sejahtera (Rastra) yang bertransformasi dari pola subsidi menjadi BPNT. Pemkab Sergai dan Bank Mandiri hingga saat ini telah menunjuk 109 agen e-Warong.

Selanjutnya Bupati Sergai Ir H Soekirman (foto) menyebutkan, salah satu tujuan digelarnya sosialisasi adalah memperkenalkan kepada masyarakat tentang fungsi dan manfaat program pemerintah dalam bidang sosial ini. Untuk meningkatkan efektivitas dan ketepatan sasaran program pengentasan kemiskinan dan ketimpangan ekonomi yang ditetapkan Presiden Ir H Joko Widodo berupa bantuan sosial dan subsidi disalurkan secara non tunai.

“Dengan pesatnya perkembangan teknologi, hendaknya kita memanfaatkannya dan bukan melawannya. Sebab selain mempermudah pekerjaan, manfaat yang dihasilkan jauh lebih besar dengan penggunaan manual, tutur Bupati Sergai.

Sekarang ini, tambah Soekirman, siapa yang tidak cepat maka akan tertinggal. Sosialisasi hari ini akan menambah perbendaharaan pengetahuan dan ilmu serta manfaat dalam mensejahterakan masyarakat. Program BPNT ini telah menambah kekuatan kita dalam pelayanan kepada masyarakat yang kurang beruntung.

Sementara Kacab Bank Mandiri Area Pematang Siantar Martinus Siagian
mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi ini. Kepada para agen e-Warong yang nantinya akan menyalurkan BPNT ke desa-desa, data yang kami miliki saat ini 27.619 KPM di Sergai yang nantinya setiap bulan menerima 110.00/bulan per KK melalui program BPNT ini.

“Hari ini seluruh mesin EDC sudah hadir dan telah dibagikan kepada para agen dan diajarkan penggunaan EDC tersebut guna lancarnya distribusi BPNT. Selanjutnya beras dan telur harus betul-betul menyediakan sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkapnya. *Inc-14