Siantar-Intainews.com:Pemberdayaan perempuan salah satunya mengangkat peran perempuan dalam segala bidang. Inilah upaya yang di lakukan Forum Peduli Perempuan Kota Siantar yang akan dibentuk. Sebagaimana dikatakan Ketua Pedagang Taman Bunga, Boru (Br) Silalahi (foto) didampingi Aktivis Peremuan Netty Sianturi, SM, Jumat 15 Maret 2019 di Cafe Taman Bunga.

Menurut boru Silalahi, membentuk Forum Perempuan tujuan untuk melatih ibu-ibu rumah tangga, dengan berbagai keterampilan sesuai dengan telentanya masing masing. Pelatihan tersebut mengajak ibu-ibu rumah tangga yang punya bakat terpendam dan keterampilan.  Inilah yang harus dilatih sampai bisa membuka usaha rumahan.

Ketrampilan yang dilatih, masak memasak, salon, menjahit busana dan tenun. “Sesudah dilatih berbagai keterampilan nantinya, dapat mendongkrak ekonomi keluarga,” tutur Br Silalahi.

Sementara, Aktivis Perempuan Kota Siantar Netty Sianturi, SM menyambut baik pembentukan Forum Peduli Perempuan Kota Pematangsiantar. Menurutnya, kesetaraan peran perempuan dan laki laki dalam keluarga dan masyarakat saat ini menjadi fokus utama pemberdayaan perempuan.

Netty juga mengutip peribahasa lama, namun masih di pakai di dalam keluarga untuk memotifasi anak anak. “Laki-laki jangan menangis dan perempuan harus pandai masak, ini harus dihilangkan,” tuturnya

Perempuan itu jangan hanya bisa memasak saja, ungkap Netty Sianturi, tapi perempuan harus bisa setara dengan laki-laki, perempuan juga harus mempunyai keterampilan, bukan hanya bisa masak dan di dapur saja. *Inc-01.