Nagan Raya-Intainews.com:Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, Drs Sahidal Kastri MPd, Rabu, 6 Maret 2019 meluncurkan atau me-launching SMPN 1 Seunagan, Nagan Raya sebagai Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pojok Kependudukan. Peluncuran berlangsung di halaman sekolah setempat (foto).

Turut hadir Pimpinan Forkopimda setempat, pejabat terkait, camat, dan para kepala sekolah di daerah itu. Sahidal dalam pidatonya mengajak stakeholder, guru, dan siswa agar peduli terhadap sekolah kependudukan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan, dan masyarakat.

Ia juga mengajak siswa di sekolah itu agar selalu menjaga kesehatan dan terus belajar agar dapat menghadapi tantangan di masa depan. Dalam kegiatan itu para siswa siswi juga turut mengucapkan sumpah/janji.

Pertama, mereka berjanji tidak akan menikah sebelum umur 21 tahun (perempuan) dan 25 tahun bagi pria. Kedua, mereka berjanji tak akan menggunakan narkoba. Selanjutnya, mereka berjanji tak akan terlibat dalam pergaulan bebas dan terakhir mereka berjanji siap menjadi duta kependudukan dan peduli lingkungan tempat tinggal.* Inc-09