Kisaran-Intainews.com:Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang dalam pidato tertulisnya dibacakan Wakil Bupati (Wabub) H Surya mengatakan penyelenggaraan MTQ (foto) merupakan program pemerintah yang bersifat nasional. Pelaksanaan MTQ diharapkan bukan sekadar sebagai kompetisi saja, namun ketika membaca Al Quran diharapkan menjadi inspirasi dan spirit dalam menjalankan pembangunan.

Hal itu di katakan Wabup di depan ribuan masyarakat yang berasal dari 25 Kecamatan menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 50 tingkat Kabupaten Asahan tahun 2019. MTQ yang digelar di lapangan bola kaki Dusun 6 Desa Silo Lama Kecamatan Silo Laut Kabupaten Asahan, Sumatera Utata, Selasa malam 5 Maret 2019.

Pelaksanaa MTQ juga sebagai dakwah dan syiar Islam yang efektif. Keluhuran nilai nilai Al Quran sebagai pedoman dan memberikan pengaruh positif kepada masyarakat dalam mencintai Al Quran. MTQ juga diharapkan dapat menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al Quran sebagai pedoman dan petunjuk kehidupan manusia.

“Patut kita syukuri dari tahun ke tahun kualitas peserta MTQ semakin meningkat, baik bacaan, hafalan, pengetahuan, tulisan, penampilan dan lainnya, namun belum maksimal. Kepada seluruh kafilah diharapkan dapat menampilkan kemampuan terbaik dengan harapan menghasilkan qari, qariah dan hafidz hafidzah terbaik Asahan yang akan menjadi duta dalam MTQ provinsi Sumatera Utara. Kepada dewan hakim diharapkan menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya. Siapun tidak berhak melakukan intervensi kepada dewan hakim dalam melakukan penilaian,” ujar Wabup.

Sunardi selaku ketua panitia menyampaikan MTQ diikuti 706 peserta terdiri dari golongan dewasa, remaja, anak-anak dan tartil putra/putri masing-masing sebanyak 50 orang, golongan 1juz diikuti 44 orang, 5 juz diikuti 32 orang, 10 juz diikuti 23 orang, 20 juz diikuti 9 orang, 30 juz diikuti 4 orang, naskah diikuti 43 orang, dekorasi diikuti 36 orang, hiasan mushaf diikuti 42 orang, fahmil Qur’an diikuti 123 orang dan syarhil diikuti 150 orang.

Selain Wakil Bupati Asahan, tampak juga hadir Dandim 0208/As, Letkol Sri Marantika Beruh, Wakapolres, Kompol M Taufik, Sekda Taufik ZA Siregar, Asisten, Staf Ahli, OPD, Kabag, Camat, ketua TP PKK Hj Winda Fitrika, MUI, Imtaq, Kakankemenag, caleg DPR, DPRD provinsi/kabupaten, dewan hakim, peserta dan ribuan masyarakat. *Inc-14