Nagan Raya-Intainews.com:Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 8 Kula Kabupten Nagan Raya, Provinsi Aceh acap melaksakan baca Yasin diikuti siswa-siswi tersebut. Namun apabila siswi yang tidak turut membaca Yasin karena alasan sedang haid, harus diperiksa keenarannya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya Dr Harbiyah (foto-istimewa) ketika ditemuai di ruang kerjanya mengatakan, telah memastikan dengan mengkonfirmasi pihak Sekolah SMPN 8 untuk mepertanyakan langsung persolan tersebut.

Menurut Harbiyah yang sebenarnya terjadi adalah, tidak seperti apa yang diisukan, terhadap banyak siswi. Melainkan terhadap siswi yang kerap beralasan sedang haid pada saat kegiatan membaca Yasin atau membaca Alquran.

“Kepala Sekolah sudah kami mintai keterangan, menurutnya siswa yang bersangkutan ini kerap beralasan, karena itulah muncul kecurigaan kalau siswi tersebut hanya beralasan, sehingga muncul pernyataan untuk memastikan,” ujarnya Senin 4 Maret 2019 kepada wartawan. Harbiyah mengemukakan, persoalan tersebut juga sudah diselesaikan secara internal. *Inc-09