Siantar-Intainews.com:Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke-51 Tingkat Kecamatan Siantar Barat, Kota Pematangsiantar, dibuka di Komplek Masjid Ubudiyah, Jalan Teratai, Jumat 1 Maret 2019 malam. Sejumlah 325 Qari dan Qariah bertanding mengikuti enam cabang yang diperlombakan (foto).

“Saya sangat bangga melihat MTQ Kecamatan Siantar Barat yang begitu meriah. Sebab seluruh masyarakatnya, baik generasi muda, anak-anak, ibu-ibu, dan bapak-bapak terlibat atau ikut serta dalam penyelenggaraan MTQ ini,” kata Walikota Pematangsiantar Hefriansyah dalam sambutannya saat membuka MTQN.

Menurutnya, kita harus pahami Alquran sebagai pedoman, petunjuk, dan pegangan hidup kita yang menyelamatkan kita, baik di dunia maupun di akhirat. Untuk itu Hefriansyah mengaku tidak bosan-bosannya menyampaikan MTQN yang diselenggarakan tidak hanya menguji kemampuan melantunkan Kalamullah dengan suara merdu dan indah.

“Kalau bisa, terefleksi dan terimplementasi melalui tutur kata dan tingkah laku kita dalam kehidupan sehari-hari,” tambahnya lagi. Kepada Dewan Hakim, Hefriansyah mengharapkan agar bekerja teliti, transparan, dan jujur dalam menilai. “Kita di sini bukan mencari juara atau pemenang. Tapi kita mencari semangat juang generasi muda dan anak-anak kita untuk mau belajar Alquran Kalamullah,” tuturnya.

Ketua Panitia MTQN Tingkat Kecamatan Siantar Barat H Amrial Saragih SAg MM menjelaskan, 325 peserta mengikuti cabang yang diperlombakan, yaitu Tilawatil, Tartil, Tahfiz, Syarhil, Fahmil, dan Khottil Quran. Para pemenang diberikan uang pembinaan, trofi, sertifikat, dan baju seragam.

Hadir di acara pembukaan, Camat Siantar Barat Syaiful Rizal beserta lurah se-Kecamatan Siantar Barat, Muspika Siantar Barat, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Pematangsiantar yang diwakili Utuh Samiono, Ketua LPTQ diwakili Drs Hamzah Purba, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat.*Inc-01.