Walikota Siantar Hefriansyah saat mengangkut sampah

Siantar-Intainews.com:Walikota Pematangsiantar Sumatera Utara, H Hefriansyah memimpin upacara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HNPS) di Siantar tahun 2019. Upacara digelar di kantor Dinas Lingkungan Hidup. Usai upacara, Hefriansyah turun langsung membersihkan dan mengangkut sampah yang berserakan.

Hefriansyah mengatakan, HPSN merupakan gerakan perubahan untuk Indonesia Bersih, termasuk Kota Siantar yang bersih dan sehat, dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam pengelolaan sampah. Dikatakannya, tema kegiatan ini “Kelola Sampah, Hidup Bersih, Sehat, dan Bernilai” adalah sbagian dari gerakan revolusi mental yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Setiap hari kita menghasilkan sampah yang sesungguhnya tidak perlu sampai ke TPA. Misalnya sampah organik dari sisa makanan, dapat diolah sendiri di rumah menjadi kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman di pekarangan rumah,” jelas Hefriansyah.

Sampah plastik sekali pakai, sambungnya, dapat dikurangi dengan cara membawa keranjang atau tas belanja sendiri, membawa botol minuman, dan mengurangi penggunaan sedotan plastik.

Semantara, Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu menyebutkan, sampah jangan dianggap remeh. “Marilah kita menjaga kebersihan lingkungan di tempat tinggal kita, dan mari kita sepakat untuk menata dan mengelola sampah,” ajaknya.

Hari Peduli Sampah dirangkai dengan kegiatan gotong royong sepanjang Jalan Tuan Rondahaim, sosialisasi pengelolaan sampah, dan lomba daur ulang sampah menjadi barang kreatif. Saat gotong royong, Hefriansyah langsung turun tangan. Ia ikut membersihkan dan mengangkut sampah.

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Polres Ssiantar, Dandim 0207/Simalungun dan jajaran, Dan Denpom Pematangsiantar, Danki Subden 2B Pematangsiantar dan jajaran, Ketua TP PKK Kota Pematangsiantar, Ketua Bhayangkari Polres Pematangsiantar, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kodim 0207/Simalungun, pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (Kepala OPD) Pemko Pematangsiantar, perwakilan dari Rindam I Bukit Barisan, dan camat se-Kota Pematangsiantar. *Inc-01