Wagubsu Musa Rajrckshah (tengah) saat memotong kue HUT Samosir

Samosir-Intainews.com:Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah membuka secara resmi puncak perayaan Hari Jadi ke-15 Kabupaten Samosir di Pangururan, Rabu 27 Februari 2019. Perayaan ditandai penekanan tombol sirene dan pelepasan balon gas, setelah dilakukan pemotongan kue ulang tahun.

Wagub menyebutkan kekompakan antara Bupati-Wakil Bupati Samosir merupakan satu kunci keberhasilan bagi daerah. Sebab menurutnya, kabupaten yang diambil dari nama pulau tersebut dimekarkan dengan harapan agar generasi penerus nantinya bisa hidup lebih baik dari pendahulunya.

“Tadi saya lihat Bupati dan Wakil Bupati waktu menghidupkan lilin, keduanya saling bantu agar tidak tertiup angin. Ini menandakan keduanya kompak. Karena tanpa itu, kita tidak bisa membangun Samosir jadi lebih baik,” ujar Wagub. Selanjutnya, Wagub yang akrab disapa Bang Ijeck ini juga mengingatkan agar kondisi daerah ini bisa jauh lebih maju di masa mendatang.

Ukurannya, jelasnya, adalah kebersihan dan kenyamanan. Sebab kawasan pariwisata memang harus mengedepankan keduanya. Apalagi Samosir dikelilingi Danau Toba, sebagai Karunia Tuhan dengan istilah ‘Negeri Indah Kepingan Surga’.

“Samosir sudah semakin baik. Karena saya nilai pertama kamar mandinya, ruangannya dan halamannya. Waktu yang lalu masih belum bagus, tetapi sekarang sudah ada kemajuan. Karena memang masalah kita adalah kebersihan,” sebut Wagub, sekaligus mengajak Pemkab se-kawasan Danau Toba untuk bersama merancang bagaimana membangun tempat pengolahan sampah terorganisasi.

Wakil Gubernur Sumatera Utara saat manortor bersama di acara HUT Kabupaten Samosir

“Mari kita doakan supaya Danau Toba diterima jadi anggota UNESCO. Kami juga Pemerintah Provinsi, apa yang bisa kami lakuan, pasti kami bantu. Kami akan terus datang ke sini, bukan hanya karena hari jadi saja, tetapi lain waktu. Karena tanpa dukungan masyarakat, kami tak mungkin bisa menjalankan amanah sebagian Gubernur dan Wakil Gubernur,” tukasnya.

Pada kesempatan itu, Wagub bersama tamu undangan lainnya dihadiahi ulos tanda penghormatan tokoh adat setempat. Sementara Bupati dan Wakil Bupati Samosir, Rapidin Simbolon dan Juang Sinaga menyampaikan sambutan dan ucapan selamat datang kepada Wakil Gubernur yang dianggap menjadi pemimpin peduli dan perhatian kepada kabupaten/kota, khususnya Samosir.

Apalagi saat ini daerah mereka menjadi sorotan dunia, baik dari segi keindahan pariwisata hingga dorongan untuk menggalakkan kebersihan. Hal senada disampaikan Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara Kemendagri, Robet Simbolon dan Anggota DPR RI Trimedya Panjaitan. Keduanya mengingatkan agar Pemkab Samosir serius memperhatikan kondisi kebersihan objek wisata hingga permukiman warga, yang juga menjadi penilaian pengunjung.

Hadir juga Bupati Tobasa Darwin Siagian, Anggota DPR RI Jhony Allen Marbun, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kabiro Umum Pemprov Sumut Faisal, Kadis Budpar Sumut Hidayati, Dirut Bank Sumut Muhammad Budi Utomo, mantan Bupati Samosir Wilmar Simanjorang dan Mangindar Simbolon. *Inc-03