Gunungsitoli-Intainews.com:Warga Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara diimbau waspada terhadap suhu tinggi saat ini di Gunungsitoli mencapai 33 derajat celcius. Demikian disamapaikan Kepala Badan Metereologi dan Geofisika Binaka Gunungsitoli, Sumatera Utara Budi Iman Samiaji, Selasa 26 Februari 2019.

“Siang ini di Bandara Binaka Gunungsitoli pukul 11.00 WIB, suhu mencapai 33 derajat celcius, dan kelembaban dirange 60 an persen,” terangnya. Tingginya suhu menurut dia harus diwaspadai, karena bisa menyebabkan dehidrasi / haus dan penyakit demam akibat cuaca panas, tukas Imam Samiaji.

Sehingga dia menyarankan warga untuk memperbanyak minum, mengurangi aktivitas di luar ruangan dan istirahat malam yang cukup. Menurut bulan Februari-Maret secara klimatologis memang minim hujan, bukan berarti tidak ada hujan dan bisa dikatakan 70-80 persen kering dan 20-30 persen basah.

Secara pola cuaca, belum mendukung pembentukan awan hujan secara masive/luas, tetapi masih ada potensi hujan yg bersifat lokal pada malam sampai dini hari, dan dia berharap warga tidak membakar lahan dan semak, karena bisa memperburuk kualitas udara.*Inc-12