Anak usia dini, sedang bermain di TPA Aan Najwa Bireuen

Bireuen-Intainews.com:Tempat Penitipan Anak (TPA) Aan Najwa berlokasi di Jalan Bakti Ujong Bandar Bireuen, Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, Popvinsi Aceh menerima anak asuh usia dini (Udin), dari kalangan ibu-ibu rumah tangga, yang datang di berbagai gampong dan kota.

Menurut Pembina TPA Aan Najwa Bireuen, Hj Rukiah Ishak, Senin 25 Februari 2019, tempat penitipan anak ini, setiap hari menerima anak usia dini (0 sampai 4 th) untuk diasuh, sambil bermain, mulai pukul 07,30 WIB sampai 16,30 WIB.

Anak Udin ini, diantar oleh kedua orang tuanya yang bekerja sebagai karyawan swasta, ASN, Polri, TNI, dititipkan kepada lima orang pengasuh. Bagi anak usia 0 tahun sampai 4 tahun, diasuh ibu-ibu berpendidikan sarjana dan juga ibu rumah tangga, yang cukup berpengalaman di bidang perkembangan anak, dianggap anak sendiri dan keluarga.

Selama ini, sarana tempat bermain anak usia dini ini, sudah cukup memadai, dengan berbagai permainan. Setiap anak yang dititip oleh kedua orang tuanya diberikan makanan minuman yang dibawa dari rumah sianak masing masing. Setelah tidur, mandi, persiapan untuk dijemput kedua orang tua.

Bila dijemput tambah Rukiah Ishak, sudah siap dimandikan pakai baju baru pula, sehingga kedua orang tua merasa senang atas pelayanan yang diberikan oleh para pengasuh (guru). Menyangkut biaya titipan anak Udin  ini, sesuai umur dan pukul berapa dijemput.

Tempat Penitipan Anak AAN Najwa Bireuen, sudah terdaftar izin operasional, di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen dan Direktorat  Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Departemen Pendidikan Republik Indonesia di Jakarta.

Jadi di sini anak usia dini diasuh untuk kecerdasan sambil bermain. Tidak urung, Rukiah menyebut masih membutuhkan berbagai pihak membantu pengembangannya. Termasuk bantuan pemerintah pusat dan pemerintah setempat, pendidikan dan penambahan gizi sianak.*rj