Bupati Sergai, Soekirman (tengah) bersama anak-anak

Sergai-Intainews.com:Kegiatan fasilitasi kabupaten/ kota layak anak tahun 2019 di Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Sumatera Utara dilaksanakan di Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin, Desa Naga Kesiangan Kecamatan Tebingtinggi dan Desa Sinah Kasih Kecamatan Sei Rampah, Rabu 13 Februari 2019.

Tampil sebagai narasumber pada acara ini Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis berjudul “kesadaran masyarakat, perangkat desa dan dunia Usaha dalam pemenuhan hak anak”. Selain itu “pencegahan dan penanganan kasus perempuan dan anak korban kekerasan” oleh KBO Polres Sergai Iptu Adi Santika SH.

Kegiatan ini untuk mewujudkan komitmen dan kebijakan stakeholder terkait pentingnya pemenuhan hak-hak anak yang berbasis desa. Seterusnya mewujudkan sinergis antara lembaga-lembaga pemerintah, swadaya masyarakat, swasta dan dunia usaha.

Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan, di sini kita bersama mempersiapkan keberlanjutan melalui pendidikan dan pembekalan roadmap tentang bagaimana daerah ramah dan paham HAM terhadap anak-anak.

Bupati mengharapkan, dengan kegiatan ini akan berkurang masalah abuse of power to the children (kekerasan pada anak), eksploitasi anak, traficking serta kekerasan lainnya terhadap anak. “Kita sedih dengan perilaku anak-anak yang semakin mengkhawatirkan saat ini seperti pelaku kekerasan serta ikut andil dalam peredaran narkoba,” ujar Soekirman.

Terkait peredaran narkoba, Bupati Sergai menyebutkan sudah masuk ke dalam keluarga. Dari yang dulunya hanya sedikit namun sekarang telah semakin meluas. ”Mari kita siapkan diri mendukung dan ikut serta dalam penguatan mental dan moral anak melalui pendidikan di keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba,” tandas Soekirman.

Hadir pada acara ini, Ketua TP PKK Ny Hj Marliah Soekirman, Kepala DP2KBP3A Irwani Jamilah, SH, M.Si, Direktur TMC Indonesia Taslim Moeis KBO Reskrim Polres Sergai Iptu Adi Santika, SH, para camat, kepala desa dan peserta dari Forum Anak Daerah Kabupaten Sergai. *Inc-14