Saat warga diterima Cutman SE

Nagan Raya-Intainews.com:Sejumlah masyarakat Kecamatan Tripa Makmur Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh, masih mengeluhkan sengketa lahan yang hingga saat ini belum selesai. Keluhan itu disampaikan salah seorang warga Usman, Senin 11 Februari 2019 ke salah satu anggota DPRK Nagan Raya Cut Man SE.

Ketika mendatangi kediaman anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Cut Man SE di Desa Simpang Peut Kuala, Usman menjelaskan, tanah milik masyarakat yang diklaim perushaan perkebunan sawit PT Fajar Baizuri hingga saat ini belum dibayar.

Teuku Syarul menambahkan, soal tanah di lokasi Drin Tujoh kelompok 1 dan 3 sudah dibayar PT Fajar Baizuri, sementara tanah kelompok dua belum dibayar. “Tanah satu wilayah dan sket, ada yang sudah dibayar dan ada yang belum,” tuturnya.

Bahkan, sebut T Syarul, janjinya perusahaan telah memasukkan dalam agenda untuk disampaikan kepada atasan, tapi belum ada kejelasan sampai sekarang. “Jika dalam jangka waktu satu bulan tidak juga diselesaikan, warga akan mengambil kembali tanah seluas 100 hektar untuk ditanami,” tegasnya.

Anggota DPRK Nagan Raya, Cut Man, SE berharap agar masalah lahan tersebut dapat segera diselesaikan agar tidak berlarut larut. “Saya harapkan perusahaan membayar ‘peunayah’ warga, sebab sesuai dengan peta kelompok tani siwet Desa Drin 7 sudah ada dalam peta Provinsi. Bahkan pernah mendapatkan bantuan bibit oleh Dinas Perkebunan provinsi,” terang Cut Man.

Terpisah, Humas PT Fajar Baizury, Meijuni saat dikonfirmasi menjelaskan, permasalahan tersebut sudah pernah dibayar perusahaan, bahkan lahan belum dikuasai oleh perusahaan. “Kita sudah bayar dua kelompok di Drien Tujoh. Pertama Kuta Makmur dan Drien 7, itu sudah dibayar tapi belum kita kuasai,” terang Meijuni.

Dia menambahkan, 100 hektar perorangan tidak benar. Surat keterangan tanah (SKT) dikeluarkan di atas HGU perusahaan. “Kalau memang merasa benar silakan tempuh jalur hukum. Kami menghargai hukum, semua yang kami kuasai sekarang sudah dibayar peunayahnya,” jelas Mejuni. * Inc-09-nt