Jalan Siantar longsor- Tanah Jawa nyaris putus total. Foto Istimewa

Siantar-Intainews.com:Jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Simalungun-Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara di Desa Marubun Jaya, Kecamatan Tanah Jawa, longsor yang menyebabkan jalan nyaris putus total.

Longsor disebabkan luapan air dari areal perkebunan di sekitar jalan sudah menggerus lebih setengah badan jalan, sehingga hanya menyisakan sekitar 1 meter yang dapat dilalui kendaraan dalam keadaan bahaya.

Hasil pengamatan wartawan Minggu 3 Februari 2019), apabila tidak segera ditangani, jalan provinsi tersebut bakal amblas dan putus total sehingga mengganggu mobilitas dan perekonomian penduduk di dua wilayah tersebut.

Menurut warga jalan tersebut sudah pernah putus total beberapa tahun lalu, sekarang kembali rusak akibat saluran air yang berada di bawah jalan tidak mampu menampung air dari perkebunan, sehingga menggerus badan jalan.

Kapolsek Tanah Jawa,Kompol H Panggabean,menyebutkan pihaknya sudah melarang kendaraan dengan kapasitas 10 ton melintas, untuk mengindari jalan amblas. “Kendaraan dengan kapasitas 10 ton dilarang melintas karena dikhawatirkan jalan akan mudah amblas,” ujar Panggabean.

Anggota DPRD Simalungun asal Kecamatan Tanah Jawa, Dadang Pramono meminta Dinas Perhubungan untuk menempatkan personelnya di sekitar jalan rusak, sehingga larangan kendaraan dengan kapasitas 10 ton melintas bisa optimal diterapkan. *Inc-01-mbc