Juru parkir saat ditertibkan

Sidimpuan-Intainews.com:Demi mewujudkan kota yang humanis, Polres Padangsidimpuan Sumatera Utara dan Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan penertiban perparkiran dari sejumlah wilayah parkir di Kota Padangsidimpuan.

Dari penertiban yang dilakukan Polres dan Dishub, 27 orang juru parkir (Jukir) yang terjaring dikumpulkan untuk dilakukan pendataan dan diberikan pembinaan. “Ini kita laksanakan untuk mewujudkan kota kita Padangsidimpuan ini menuju kota yang humanis dan sopan di tengah-tengah masyarakat,” kata Kapolres Kota Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya kepada wartawan saat melakukan konfrensi pers di Pendopo Mapolres Kota Padangsidimpuan, Kamis 31 Januari 2019.

Tidak hanya itu, sebut Kapolres, penertiban tersebut juga pasca beredarnya sebuah video di media sosial yang sempat viral terkait seseorang yang diduga juru parkir cekcok dengan dua orang perempuan di lokasi parkiran.

“Kegiatan yang kita laksanakan ini juga setelah adanya sebuah video yang viral di medsos,” kata Hilman sembari mengatakan, jika penertiban juga untuk mengantisipasi aksi perparkiran liar dan aksi premanisme yang dapat meresahkan masyarakat khususnya masyarakat Kota Padangsidimpuan.

Hilman juga menyebutkan, pihaknya sudah koordinasi dengan Pemerintah Kota Padangsidimpuan melalui Dishub, parkiran yang ada di Kota Padangsidimpuan sudah sepenuhnya 100 persen dikelola oleh Dishub.

“Ini sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwal) No. 32 Tahun 2018 untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD) Kota Padangsidimpuan,” ungkap Kapolres. Setelah dilakukan pendataan, sambung Hilman, dari 27 Jukir yang dikumpulkan terdapat 12 Jukir yang yang mendapat mandat dari Dishub.

“Sedangkan 15 Jukir lagi tidak mendapat mandat dari Dishub,” jelas Kapolres. Atas penertiban Jukir ini, Kapolres berpesan supaya bersama-sama bergandengan tangan dan bersinergi menjaga kekondusifan kota Padangsidimpuan.

Sementara itu, atas penertiban terhadap Jukir ini, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, SH yang diwakili Kadishub Rasman Hasibuan mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Kapolres Kota Padangsidimpuan dan jajarannya yang dengan Sigap menertibkan Jukir.

“Ini bertujuan untuk menjaga kekondusifan di Kota Padangsidimpuan ini,” ujar Rasman. Ke depan, tambahnya, pihaknya juga akan melakukan pembinaan dan arahan kepada para Jukir yang ada di Padangsidimpuan ini. “Hal ini demi terciptanya pelayanan yang lebih sopan dan santun kepada masyarakat yang dilakukan oleh para Jukir ke depannya,” beber Rasman.

Kasat Reskrim AKP Abdi Abdullah, juga berpesan kepada para Jukir dan insan pers supaya selalu bersinergi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan yang sudah terjaga di kota Padangsidimpuan ini. “Mari kita bersinergi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kota Padangsidimpuan, tukasnya. *Inc-16