Medan-Intainews.com:Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Musa Rajekshah mengunjungi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Jumat 25 Januari 2019 (foto).

Wagubsu menyerahkan bantuan 1 unit komputer, perpustakaan umum, rak buku, buku-buku, alat olahraga, serta mobil operasional dan ambulans yang dipinjamkan. “Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk warga binaan. Terutama bantuan buku dapat memberi wawasan dan memberi hikmah kepada para warga binaan,”ujar Wagubsu Musa Rajekshah

Harapan itu dikatan Wagubsu di hadapan Kepala Lapas Kelas I Tanjung Gusta Budi Situngkir dan ratusan warga binaan yang hadir di acara tersebut. Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) juga direncanakan akan memberikan bantuan lahan, menanggapi kelebihan kapasitas di lapas tersebut.

Lapas Kelas I Medan, memiliki kapasitas 1.250, namun kini lapas tersebut dihuni 3.300 warga binaan. “Juga akan disiapkan 3 sumur bor untuk mensuplai air di Lapas,” ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck. Meski Lapas Kelas I Tanjung Gusta berada di bawah Kementerian, Ijeck merasa perlu membantu kebutuhan Lapas tersebut.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tanjung Gusta Budi Situngkir mengapresiasi bantuan Pemprovsu kepada Lapas. Menurutnya bantuan tersebut sangat bermanfaat. “Dengan adanya buku, akan mendorong warga untuk membuat kegiatan yang sangat positif sehingga warga binaan tidak kembali melakukan kesalahan,” ujarnya.

Dalam kunjungannya, Ijeck juga melihat-lihat fasilitas olahraga, perpustakaan, kebun hidroponik serta tempat ibadah seperti masjid, gereja dan vihara yang ada di dalam lapas.*Inc-03