Siantar-Intainews.com:LM cafe di Jalan MH Sitorus Kelurahan Proklamasi Kecamatan Siantar Barat, Sumatera Utara diduga tidak memiliki surat izin usaha, dan kanopi yang terpasang ditengarai melanggar Peraturan Walikota (Perwal) 01 tahun 2014 tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

LM café yang tanpa surat izin usaha dan (foto) diduga melanggar aturan memasang kanopi menjadi tanda tanya elemen masyarakat, mengapa LM bisa beroperasi bertahun lamanya tidak tersentuh penegak perda. Aktivis perhati pembangunan Kota Siantar, Ricardo Lumbanraja menyayangkan kinerja instansi terkait dalam melaksanakan tupoksinya, membiarkan hal tersebut terus berlangsung.

“Kita menyayangkan kinerja instansi terkait, terkesan ada pembiaran pada LM cafe, padahal ada Perda sebagai payung hukum,” kata Ricardo Lumbanraja, kepada Intainews.com, Rabu 23 Januari 2019.

Sementara, Kepala Bidang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pematangsiantar, Mardiana ketika dikonfirmasi melalui selularnya (081264759XXX), mengatakan, LM Cafe sampai saat ini belum memiliki izin usaha.

Terpisah, Kasat Polisi Pamong Praja, Robert Samosir kepada wartawan membenarkan,  LM Cafe tidak memiliki izin usaha. Selain itu ungkap Robert, pemasangan kanopi di teras ruko juga melanggar Perwal. Menurut Robert pihaknya segera menyurati pengusaha LM Café tersebut.

Pihaknya tidak sertamerta langsung menertibkan konopi, harus disurati terlebih dahulu. Surat akan dilayangkan secara bertahap kepada pengusaha cafe LM berupa teguran pertama, jika tidak diindahkan dilanjutkan surat kedua dan surat ketiga, jika tidak juga diindahkan, barulah dibongkar paksa,” tegas Robert. *Inc-01