Suasana di Rutan Labuhan Medan. Foto Istimewa

Medan-Intainews.com:Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Labuhan Medan, Sumatera Utara adalah salah satu rumah tahanan dihuni warga binaan melebihi kapasitas. Hal ini diutarakan Kepala Pengawasan Rutan (KPR), Erwin Siregar.

“Sebenarnya kami sangat kewalahan membina para tahanan di Rutan ini dengan daya tampung Rutan hanya 400 napi, sekarangan dihuni 1.448 napi. Sedangkan petugas sipir dan staf hanya 120 orang,” ungkap Erwin.

Erwin sangat berharap kepada Pemprovsu, DPRD Sumut, Pemko Medan dan DPRD Medan mau berkunjung ke rutan untuk meninjau langsung, agar para pejabat Negara itu mengetahui kendala yang dihadapi dalam membina dan mengarahkan para napi.

“Saat ini Rutan kelas II B Labuhan ini sudah mulai menjalankan program yang bernama Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Bebas Korupsi Melayani (WBKM), yang tujuannya untuk menghilangkan imej buruk terhadap Rutan,” jelasnya.

Selain itu, dituturkan Erwin Siregar, pihaknya ingin menunjukkan walaupun dana yang diterima minim, namun dapat berkomitmen dan memiliki dedikasi sebagai abdi negara yang jujur,” tandasnya kepada wartawan, Selasa 8 Januari 2018. *Inc-03