Kisaran-Intainews.com:Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia menyerahkan satu unit fasilitas sarana air bersih melalui sumur bor air tanah kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan, di Desa Silo Bonto Kecamatan Silau Laut, Asahan, Sumatera Utara, Jumat 4 Januari 2019.

Bupati Asahan, Taufan Gama Simatupang yang diwakili Staff ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan Pemkab Asahan, H Hasby Simbolon, menyebutkan program ini termasuk dalam program nasional di bidang penyediaan air bersih yang bersinergi dengan daerah dalam program 100-0–100.

Artinya seratus persen pelayanan air bersih, nol persen kawasan kumuh dan seratus persen pelayanan sanitasi masyarakat. “Di tahun 2018, program penyediaan sarana air bersih di Kabupaten Asahan baru mencanpai 46,06 persen dari jumlah penduduk sebanyak 723.885 jiwa,” Ujar Hasby.

Selain mengapresiasi partisipasi pemerintah pusat dalam penyediaan sarana air bersih ini, Hasby juga menyampaikan harapan agar pemerintah pusat dapat meningkatkan partisipasinya dalam program penyediaan sarana air bersih di Kabupaten Asahan.

Fasilitas yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga di Desa Silo Bonto ini diserahkan oleh Kementerian ESDM, diwakili tenaga ahli Kementerian ESDM, Sampe L Purba didampingi Kadis ESDM Pemprovsu dan Staff ahli bidang ekonomi, keuangan dan pembangunan Pemkab Asahan, Hasby Simbolon.

“Sarana air bersih ini dibangun pada Tahun Anggaran 2018 yang dapat digunakan secara penuh oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari,” kata Sampe L Purba.

“Selain itu, peresmian ini juga dimaksudkan sebagai bahan sosialisasi kepada masyarakat bahwa Pemerintah pusat melalui kementerian ESDM bekerjasama dengan Pemda dan di dukung oleh Komisi VII DPR-RI yang memiliki Program pro rakyat,” terangnya.

Sampe Purba menambahkan fasilitas sarana air bersih yang dibangun tahun 2018 ini memiliki spesifikasi kedalaman 126 Meter dengan debit 2 Liter/ detik menggunakan konstruksi pipa besi galvanis berdiameter 6 inci. *Inc-10