Nias-Intainews.com:Pemerintah Desa Tagaule, Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sumatera Utara menyerahkan santunan kepada warga tidak mampu. “Santunan kita berikan kepada warga yang kurang mampu, janda, duda dan yatim piatu,” terang Kepala Desa Tagaule Benasokhi Zai, Minggu 30 Desember 2018 (foto).

Warga yang menerima bantuan sebanyak 35 keluarga, dan bantuan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa) Tagaule tahun anggaran 2018. “Bantuan yang kita serahkan berupa beras, mie instan, telur, dan ini murni program Pemerintah Desa Tagaule sebagaimana tertuang dalam visi dan misi saya sebelumnya,” ucapnya.

Benasokhi menerangkan, pembagian bantuan merupakan pelayanan sosial dasar (PSD) bagi warga miskin, dan jika dilihat dari nilainya memang tidak memadai. Namun menurut dia, bantuan seadanya tersebut akan sangat membantu para penerima menjelang tahun baru untuk bisa ikut bersuka cita bersama warga lainnya.

Dari Kepala Desa Tagaule juga diketahui jika program PSD tahun 2018, selain memberikan bantuan kepada warga miskin, juga dilakukan pelayanan pemenuhan gizi bagi balita dan ibu hamil.

“Kita juga sebelumnya sudah membagikan susu formula bagi ibu hamil dan balita,” terangnya. Tujuan PSD ungkap Kepala Desa adalah untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bayi stunting atau pertumbuhan kerdil dan kurang gizi. Dia memastikan, selama kepemimpinannya sampai tahun 2024 mendatang, program PSD pasti selalu diprogramkan dan ditingkatkan.

Onlyhu Ndraha pendamping lokal desa (PLD) Kecamatan Bawolato di tempat yang sama mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Pemdes Tagaule dan berharap desa yang lain akan membuat program yang sama.

“PSD ini sangat bagus, dan aturan telah mengamanatkan agar penggunaan dana desa (DD) dapat menyentuh keluarga miskin,” katanya. Onlyhu menyarankan PDS tahun depan di desa Tagaule dikembangkan pada pelayanan pengobatan gratis bagi lanjut usia. *Inc-12