Walikota Binjai, HM Idaham, didampingi Kakanwil BPN Sumut, Bambang Priono,serta penerima sertifikat di pendopo Umar Baki

Binjai-Intainews.com:Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Binjai menyerahkan 250 sertifikat redistribusi tanah kepada masyarakat, dalam acara bina penerima sertifikat, serta zona integritas bebas pungutan.

Penyerahan dihadiri Walikota Binjai, HM Idaham, Ka Kanwil BPN Sumut, Bambang Priono, Kepala BPN Binjai, Nur Khadijah Lubis, di Pendopo Umar Baki, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, baru-baru ini.

Walikota Binjai, HM Idaham berharap BPN Kota Binjai terus berkomitmen mendukung kesejahteraan masyarakat Kota Binjai. Seperti penyerahan sertifikat redistribusi tanah kepada masyarakat untuk 250 bidang tanah yang mencakup dua kecamatan, yakni Kecamatan Binjai Selatan Kelurahan Tanah Seribu, Tanah Merah dan Bhakti Karya, Kecamatan Binjai Selatan serta, Kelurahan Cengkeh Turi, dan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara.

“Koordinasi BPN dan Pemko Binjai sangat baik, program BPN membantu melakukan pendataan terhadap bidang tanah yang ada di Kota Binjai,” ungkap Idaham. Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan salah satu program BPN terbukti membantu Pemko Binjai mengetahui secara detail kepemilikan tanah persil yang dimiliki masyarakat.

Hal tersebut memberikan kepastian hukum terhadap tanah yang dimiliki oleh masyarakat. Sehingga penerima sertifikat memiliki kepastian hukum atas tanahnya.
Dikatakan Idaham, hasil pendataan terakhir dari 1700 hektare ketersediaan lahan pertanian kita telah berkurang 575 hektare.

Saat ini momen yang tepat untuk tidak ada lahan yang dialih fungsikan menjadi bukan lahan pertanian, karena kota kita butuh lahan pertanian untuk menanam bahan pangan. Jika fungsi lahan berubah maka kita akan kekurangan lahan penanaman pangan
Kakanwil BPN Sumut, Bambang Priono, berkunjung ke Binjai untuk memastikan sertifikat tanah yang dibagikan sampai kepada pemiliknya.

Ia mengungkapkan bahwa sebagai karyawan di BPN akan merasa bahagia jika dapat membantu masyarakat menyelesaikan surat tanah. Dijelaskan Bambang, Walikota Binjai memberikan potongan sebesar 75 persen untuk Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Tahun 2019. BPN akan menyelesaikan sertifikat di daerah Rambung Dalam, Rambung Barat Kec.Binjai Selatan dan Berngam,Kecamatan Binjai Kota.*Inc-08