Wakil Bupati Asahan, H Surya

Kisaran-Intainews.com:“Jumlah posyandu sebanyak 963 tersebar di 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Setiap posyandu ada 5 orang kader, berarti ada 4.815 orang kader posyandu aktif se Asahan.”

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc saat membacakan pidato Bupati Asahan Taufan Gama Simatupang. Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar.

H Surya BSc menyampaikan itu saat membuka acara Jambore Kader Posyandu ke-9 tahun 2018 tingkat Kabupaten Asahan di lapangan Hoki Kisaran. “Kabupaten Asahan sedang menuju terwujudnya Kabupaten sehat, melalui terselenggaranya beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat bersama pemerintah daerah,” kata Surya Jumat 7 Desember 2018.

Swastisaba padapa, ungkap H Surya, yaitu kawasan pemukiman sarana dan prasarana sehat dan kehidupan masyarakat sehat mandiri. Tujuan kader posyandu adalah untuk meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, motivasi dan meningkatkan kapasitas kader posyandu dalam meningkatkan derajat kesehatan, silaturrahmi dan kebersamaan antara kader posyandu.

“Jumlah posyandu sebanyak 963 buah yang tersebar di 25 Kecamatan se Asahan. Setiap posyandu ada 5 orang kader, berarti ada 4.815 orang kader posyandu aktif se Asahan,” ucap Surya. Pembukaaan jambore kader posyandu ke-9 Asahan ditandai penekanan tombol sirene oleh Wakil Bupati Asahan dan atraksi kembang api.

Kadis Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah MM dalam laporannya menyebutkan, jambore kader posyandu dilaksanakan selama Jumat 7 hingga 8 Desember 2018 di lapangan Hoky Kelurahan Mekar Baru Kecamatan Kota Kisaran Barat-Asahan.

Sejumlah 1.428 kader posyandu mengikuti kegiatan lomba senam gema cermat, sarasehan Bupati Asahan bersama kader posyandu, kades, camat didampingi OPD, lomba cerdas cermat antar kader posyandu, lomba simulasi penimbangan bayi, lomba yel-yel germas dan gema cermat serta donor darah. *Inc-03