Kisaran-Intainews.com:Pemerintah Kabupaten Asahan Sumatera Utara bersama Kecamatan kota Kisaran Barat dan warga bergotong royong membersihkan saluran parit di jalan Cokroaminoto Kisaran, Kamis 22 November 2018 (foto).

Gotong royong dilakukan melibatkan Kecamatan, Satpol PP, Polsek kota Kisaran, Koramil, Dinas Lingkungan Hidup, kelurahan, kepling, LPM dan warga sekitar. Pembersihan dimulai dari pertigaan jalan Cokroaminoto – Malik Ibrahim kota Kisaran.

Pantauan Intainews.com puluhan petugas dengan menggunakan berbagai alat penghancur beton, cangkul, garpu, godam, pahat, linggis, truk kebersihan dan mobil pemadam secara bergantian mengorek dan membersihkan sampah yang menyumbat parit.

Tampak secara bergantian petugas melubangi cor semen yang menutup parit. Ini dilakukan agar petugas dapat masuk ke dalam parit dan mengangkat sampah plastik dan sampah lainnya. Camat Kota Kisaran Barat, Agus Jaka Putra Ginting SH menyebutkan tujuan gotong royong untuk mengantisipasi luapan air saat musim hujan khususnya di jalan Cokroaminoto dan sekitarnya.

Jika curah hujan cukup tinggi kawasan jalan Cokroaminoto tergenang. “Dengan membersihkan parit ini, Insa Allah jalan Cokroaminoto bebas dari banjir dan masyarakat pengguna jalan tidak terganggu saat melintas.

Camat mengimbau warga agar jangan membuang sampah sembarangan. Letakkan dan kumpulkan sampah rumah tangga kita didepan rumah masing masing. Setiap pagi petugas kebersihan akan datang mengangkut sampah warga.

Namun warga juga mengharapkan agar Pemkab Asahan serius mengawasi masyarakat yang akan mengecor di atas parit. Ini penting untuk menjaga agar parit tidak tertutup rapat, sehingga tim kebersihan tak dapat membersihkan sampah yang ada di dalam parit. *Inc-10