Cutman berbaur dengan warga saat meninjau lokasi abrasi

Nagan Raya-Intainews.com:Kawat bronnjong bantaran sungai di Desa Blang Seumot Kecamatan Beutong Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh mengalami abrasi dan terancam ambrol. Warga menginginkan segera dilakukan perbaikan agar kerusakan tidak meluas.

Pasalnya, jika air terus menerus menggerus, kerusakan akan semakin parah, akan berdampak terhadap Sekolah Dasar (SD) yang jaraknya hanya beberapa meter dari lokasi itu. Keuchik Desa setempat, Jamalul AD mengaku abrasinya bantaran sungai tersebut diakibatkan tingginya curah hujan mengakibatkan tingginya debet air dan menggerus bronjong.

“Jika tidak segera dilakukan perbaikan ditakutkan dampaknya bisa meluas, jika meluas berdampak terhadap SD ke sawah-sawah yang jaraknya sangat dekat,” ujarnya Kamis 25 Oktober 2018. Hal yang sama juga terjadi di dua Desa tetangga, yaitu Desa Turi Bunta dan Blang Seuneng, abrasi mengancam sawah milik warga yang luasnya tidak kurang dari sepuluh hektar.

Keuchik desa itu, Sarifudin mengatakan warga desanya banyak yang menggantungkan hidup dari bersawah. Jaraknya dengan sawah milik warga juga sudah sangat dekat. Kembali, Politisi Partai Naggro Aceh (PNA) Cut Man meninjau langsung ke tiga titik lokasi untuk memastikan secara langsung sejauhmana kondisinya berdampak kepada kehidupan masyarakat desa.

“Saya sudah lihat sendiri kondisinya di tiga tempat dan benar cukup memprihatinkan. Yang pertama dekat dengan sekolah dan kemudian dekat dengan sawah milik warga,” ungkap Cutman.

Untuk itu, menurutnya perlu dilakukan penanganan segera sebelum semakin meluas dan merugikan masyarakat. “Sekolah hanya satu di desa itu, jika sampai ambrol dan hancur beronjong itu dampaknya negatif. Karena itu, ini adalah tanggung jawab pemerintah,” ujarnya. * Inc-09