Nias Selatan-Intainews.com:Personel Polisi Sektor Lolowau, Nias Selatan, Sumatera Utara amankan tiga warga pemilik tuak suling (foto). Ketiganya kemudian dipulangkan setelah dimintai keterangan dan berjanji tidak akan menjual atau mengedarkan tuak suling lagi.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F Napitupulu, S.Ik,MH yang dihubungi, Selasa 16 Oktober 2018, membenarkan jika personel Polsek Lolowau ada mengamankan tiga warga membawa tuak suling, Selasa 16 Oktober 2018 dinihari.

Ketiga warga Desa Fadoro Tuhemberua, Kecamatan Huruna, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara diamankan pada operasi pekat yang digelar di Kecamatan Lolowau, Nias Selatan. “Dari ketiganya kita menyita tuak suling sebanyak 235 liter yang menurut pengakuan mereka dibeli di Kecamatan Gido, Kabupaten Nias,” jelasnya.

Dari Kapolres Nias Selatan diketahui jika 235 liter tuak suling tersebut disita sebanyak 60 liter yang dikemas dalam dua jeriken dari warga bernama Perius Halawa (25). Kemudian disita sebanyak tiga jeriken atau 105 liter dari Bazatulo Gulo alias Ama Hansel (25) dan dua jeriken atau 70 liter dari Rozama Halawa alias Sibaya Tuti (34).

“Ketiganya mengaku membeli tuak suling dari Ina Albert warga desa Balodano, Kecamatan Gido, Kabupaten Nias seharga Ro 350.000 per jeriken,” ungkap Kapolres Nias Selatan. *Inc-12